Monday, May 5, 2014

Indonesia dan Papua Merah Jambu


Name : Reni Harliani
Class : PBI-D
Class Review

Indonesia dan Papua Merah Jambu


 
Tangisan Papuaku
Tanah ini milikku, hutan ini milikku,
gunung dan lautan ini pun milikku.
Aku dilahirkan dan dibesarkan disini..
Canda, tawa dan hidup rukun semuanya tercipta disini.

Tapi mengapa...
"kau" datang dan merampas segalanya..?
Merampas hak milik ku,
merampas kebahagiaanku dan saudara2ku?
Menindas ku di tanah ku sendiri.

Apakah karena warna kulit ku yg berbeda denganmu?
Apakah karena rambut ku yang tak selurus rambutmu?

Sedikit demi sedikit hartaku kau rampas..
Satu per satu nyawa saudaraku kau renggut..
Tanahku yang subur dan kaya,
kini berubah menjadi lautan air mata dan ketakutan..


Wahai penguasa negeri ini, dimana tanggung jawabmu?
mengapa kau biarkan kami seperti ini?
Kami tak menginginkan harta, kami tak menginnginkan dunia.
Sagu dan ubi dari tanah kami saja sdh cukup..
kekayaan laut dan hutan kami sdh sangat lebih dr cukup.
Kami hanya ingin bebas dari penindasanmu,
kami hanya ingin hidup tentram di tanah kami.
Karena Aku Papua dan selamanya Aku tetap Papua.

 (By :
S. Korowa )
               
                Pada hari jumat tanggal 25, apri 2014, tepatnya pada pukul 07.30 Wib. Saya bersama teman-teman saya menunggu bapak dosen yang akan mengajari kami seperti biasanya, dalam Mata Kuliah writing (menulis). Tidak lama kemudian datanglah bapak dosen yang kami tunggu-tunggu yang bernama Bapak Lala Bumela M.pd. , beliau baru saja datang dari negara Malaysia, beliau bercerita bahwa di negara Malaysia tidak ada yang namanya rebutan jalan seperti di Indosia, semuanya tertata rapih. Beliau juga menemukan orang-orang asli dari indonesia yang bekerja di Malaysia. Mereka bekerja menjadi pekerja pasar, seperti yang merawat kandang hewan di kebun binatang mereka dan sebagainya. Tapi mereka mendapatkan sebuah upah yang besar. Maka dengan ini timbul sebuah pertanyaan, “kenapa orang bekerja di Malaysia, kenapa tidak bekerja di Indonesia saja? “, sepertinya ada sedikit yang salah dengan Indonesia.
           
Selanjutya menjelaskan tentang Exploring Argumentative essay yuukk.....
               
          Pengertian argumentative essay?
          Argumentative essay adalah genre penulisan yang mengharuskan siswa untuk menyelidiki topik ; mengumpulkan, menghasilkan, dan mengevaluasi bukti , dan membangun posisi pada topik secara ringkas.

(Argumentasi menurut Fitzpatrick 2005 )
Ø  Menulis adalah hanya masalah memberikan informasi kepada audiens Anda ?
Ø  Dalam menulis esai arguemntative Anda harus membujuk audiens Anda untuk mempertimbangkan sudut pandang Anda , bahkan jika mereka mungkin tidak setuju dengan Anda .
Ø  Hal ini membutuhkan beberapa perawatan dan keterampilan : Anda perlu menunjukkan rasa hormat karena menentang sudut pandang , Anda harus memilih kosa kata dengan hati-hati , dan , di atas semua , Anda harus menulis dengan jelas dan logis .

Please note
 Beberapa kebingungan mungkin terjadi antara esai argumentatif dan esai ekspositori. Kedua genre serupa, tetapi esai argumentatif berbeda dari esai ekspositori dalam jumlah pra-menulis ( penemuan ) dan penelitian yang terlibat. Esai argumentatif umumnya ditugaskan sebagai batu penjuru atau tugas akhir secara tertulis tahun pertama atau kursus komposisi maju dan melibatkan panjang, penelitian rinci. Esai ekspositori melibatkan penelitian kurang dan lebih pendek panjang. Esai ekspositori sering digunakan untuk latihan menulis di kelas atau tes, seperti GED atau GRE, Paragraf exposition sama seperti paragraf argumentatif.

Definisi the topic
            Beberapa topik membutuhkan penjelasan. Misalnya, jika topik anda adalah “ Shoul schools provide moral education?”, anda harus menjelaskan pendidikan moral. Kemudian bagaimana anda mendefinisikan istilah? Dan ad yang dilakukan selanjutnya.

                        Batas Topic
            Beberapa topik argumentatif harus membatasi. Miaslnya topik anda adalah “ surat nilaI”, dan tesis and mengatakan “ guru tidak harus menggunakan huruf nilai”, pembaca bertanya-tanya apakah berarti anda “ semua guru disemua tingkatan TK sampai Perguruan Tinggi tidak menggunakan bahu mereka.

Analyse the Topic
Analisis topik ada dua macam yaitu Qualitatif (menelitinya tidak terlalu cukup
dalam)  sedangkan Quantitatif ( menelitinya lebih mendalam hingga ke akar-akarnya). Sebelum Anda memutuskan sudut pandang, Anda harus menganalisis masalah secara menyeluruh. Topik yang paling argumentatif memiliki dua sudut pandang -bagi dan melawan -dan dapat dinyatakan sebagai ya / tidak pertanyaan, seperti "Haruskah siswa SMA bekerja selama tahun sekolah?".
           
           Opini à Topik, Informasi, Data à Argumentative à Teks perkuasi à Presuationt
            Sebelum membuat keputusan akhir tentang sudut pandang Anda sendiri pandang, itu adalah ide yang baik untuk mengevaluasi kekuatan dan alasan yang mendukung Anda telah terdaftar. Alasan yang kuat adalah salah satu yang dipercaya, relevan, dan penting.
Untuk menguji setiap alasan pada daftar Anda, tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini: apakah itrue?
Apakah jelas terhubung ke topik saya? Apakah itu penting, atau tidak memiliki konsekuensi nyata?.
            Dalam thesis Opini, Reason, Supporting Argumen. Ketiga itu sangat penting dan saling berkaitan dalam sebuah argument. Jika ada opini pasti dibutuhkan sebuah alasan, begitu juga dengan alasan memerlukan pendapat seperti para ahli untuk mendukung argumen yang kita buat agar menjadi kuat dan dapat diterima oleh pembaca.
            Tulis pernyataan tesis!
 Pernyataan tesis dari sebuah esai argumentatif harus berisi pendapat. Pendapat biasanya dinyatakan dengan kata kerja modal "harus" atau evaluatif seperti "baik" dan "buruk".

Dibawah ini adalah struktur dasar pembuatan paragraf argumentatif :
         
Ø  Introduction
Ø  Body
ü  first point and supporting info
ü  second point and supporting info
ü  third point and supporting info                                  
Ø  Conclusion

Out line Argumentative Essay!

Apakah harus Papua barat tetap menjadi bagian dari NKRI?
Introduce
Papua adalah nama dari sebuah pula. Ini adalah pulau terbesar setelah Greenland.
 Kemudian pulau ini di bagi menjadi dua bagian, bagian barat dimiliki oleh indonesia dan saat timur dimiliki oleh papua nuguni. Ada banyak alasan mengapa papua masih harus tetap menjadi bagian NKRI :
First Point : pendidikan di papua masih tertinggal.
Supporting Info : Terbatasnya kondisi ekonomi masyarakat dan sarana prasarana pembelajaran baik formal maupun non formal sampai ke daerah terpencil adalah salah satu kendala. Jumlah tenaga pengajar yang tercermin dari rasio guru dan murid pun masih sangat 620 kecil. Kesenjangan ini sangat signifikan apabila dibandingkan dengan kondisi sumber daya manusia di sejumlah provinsi di wilayah Indonesia Barat.Berdasarkan hasil SP2010, penduduk Provinsi Papua Barat usia 5 tahun ke atas yang tamat SM/sederajat sebesar 22,94 persen, tamat DI/DII/DIII sebesar 2,18 persen, tamat DIV/S1 sebesar 4,15 persen dan tamat S2/S3 sebesar 0,25 persen.
Second point : Tenaga kerja
Supporting Info : Identifikasi aspek ketenagakerjaan di Provinsi Papua Barat dapat menggambarkan sektor potensial dan penyerapan tenaga kerja ditiap sektor. Penduduk usia kerja yang ada di Provinsi Papua Barat sebesar 494.862 jiwa di mana yang sebesar 342.888 jiwa atau 69% masuk dalam kategori angkatan kerja. Angkatan kerja adalah penduduk yang sedang bekerja ditambah dengan pencari kerja. Dari jumlah angkatan kerja tersebut, 316.547 jiwa atau 92% sudah bekerja. Pengangguran di Provinsi Papua Barat tercatat sebesar 26.341 jiwa dimana 52% dari pencari pekerjaan tersebut adalah Lakilaki. Fenomena ini sangat erat korelasinya dengan masalah yang ditemukan yaitu tidak tertampungnya laki-laki pada tenaga kerja sektor formal.
Thrid point :  Bahasa dan Budaya
Supporting info : Di Provinsi Papua dan Papua Barat tercatat ada 310 bahasa yang digunakan
masyarakatnya. Di provinsi Papua Barat sendiri tercatat ada 67 suku yang mendiaminya. Budaya, Suku-suku yang mendiami di Provinsi Papua dan Papua Barat tercatat ada 206 sukusuku. Di antara suku-suku itu mendiami wilayah provinsi Papua Barat tercatat ada sekitar 67 suku. Tarian tradisional dan rumah adat papua yang unik.
Forth point : potensi unggulan provinsi
Supporting point : Raja ampat , Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini. Dan Ekowisata di Cagar alam Arfak, zona ekosistem mebuat kawasan pegunungan Arfak kaya akan keanekaragaman hayati yang bernilai tinggi.

Forth point : Tidak terpenuhinya syarat-syarat menjadi negara yang independen.
Supporting point:  Suatu negara dinyatakan syah berdiri sebagai suatu negara yang berdaulat, jika memenuhi minimal 4 unsur, yaitu:
a.      Rakyat.
Dalam suatu negara mutlak harus ada rakyatnya. Rakyat yaitu sekumpulan manusia yang dipersatukan oleh suatu perasaan dan bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu.Rakyat merupakan unsur yang utama berdirinya suatu negara, karena rakyatlah yang pertama memiliki kehendak untuk mendirikan negara, melindunginya serta mempertahankan kelangsungan berdirinya negara.
b.      Wilayah.
Wilayah dalam suatu negara adalah tempat bagi rakyat untuk menjalani kehidupannya. Bagi pemerintah merupakan tempat untuk mengatur dan menjalankan pemerintahan. Wilayah suatu negara terdiri dari wilayah darat, laut, udara dan dasar laut dan tanah dibawahnya.
c.       Pemerintahan yang berdaulat.
Pemerintahan dalam arti luas yaitu seluruh lembaga negara yang terdiri dari lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pemerintahan dalam arti sempit yaitu kekuasaan eksekutif yang terdiri dari presiden, wakil presiden dan menteri-menteri. Pemerintah yang berdaulat yaitu pemerintah yang syah yang diberi wewenang oleh rakyat sebagai pemegang kedaulatan berdasarkan undang-undang.
d. Pengakuan dari negara lain.
      Suatu negara syah berdiri manakala ada pengakuan dari negara lain, baik secara de facto maupun secara de yure. Pengakuan secara nyata (de facto) memang telah berdiri, mendapat banyak dukungan dari negara internasional. Pengakuan secara de yure maknanya secara hukum international telah memenuhi syarat untuk berdiri sebuah negara.
Misalnya Negara Republik Indonesia secara defacto telah berdiri sejak tanggal 17 Agustus 1945, sedangkan secara de yure berdiri sejak taggal 18 Agustus 1945.

Conclusion : Papua pulau yang besar setelah Greenland, papua dengan sumber daya alam yang sangat banyak, dan kaya akan bahasa dan budaya, serta keindahan yang terpancar dipapua baik wisata alamnya berupa perairan atau pun flora dan fauna yang hidup dipapua. kami warga negara indonesia akan berusaha membantu untuk mengelola kekayaan alam dipapua dan menjaga kelestarian alam papua dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian pendidikan dipapua masih tertinggal maka dengan itu kami akan membantu untuk mencerdaskan jiwa penerus kalian, untuk itu marilah kita indonesia dan papua mendirikan negara yang sehat dan sejahtera, papua adalah gemboknya dan indonesia adalah kuncinya, tetaplah papua menjadi bagian dari kamai NKRI, bersama kita teguh bercerai kita runtuh...



Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment