Sunday, April 6, 2014

Sejarah Kelam PaPua


Nama                          : Nita Agustina Maulidya
Class                           : Pbi-D / 4
Nim                             :14121320251
Writing And Conversation 4 ( Class Review ke-8)

Sejarah Kelam PaPua
            Pada pertemuan ke-9, aku mengawali langkahku dengan bacaan “Basmallah”.  Pagi yang cerah , semangat baru untuk hari jumat.  Kita semua mendapat jarkom, bahwa pada mata kuliah writing and conversation 4 mulai perkuliahan pada pukul 07.00 Wib.  Kita semua berangkat dari kontrakan pukul 06.30 Wib.  Kita berjalan sangat terburu-buru, karena kita semua takut terlambat.
            Setelah kita sampai tepat pada depan kampus, kita semua melihat teman kita yang sedang berjalan menuju gedung Pbi.  Setelah itu tidak lama kemudian, aku dan teman-teman kontrakan menyusul dan teman kita berbicara bahwa perkuliahan hari ini dimulai pukul 07.30 wib.  Semua bertanya-tanya pada penanggung jawab (pj).  Sehingga pj pun menjelaskan yang sebenarnya.  Dan akhirnya kosma pun datang dan semua bersorak.

            Setelah beberapa menit kita menunggu Mr.Lala Bumela, akhirnya Mr.Lala Bumela pun datang dan berdiri dihadapan kita semua.  Pertemuan ke-9 dengan kelas review yang ke-8, dalam pertemuan ini memang serasa cepat sekali kita lalui writing 4 ini.  Sungguh tak terasa kita telah memasuki pertemuan ke-9.  Seperti biasa Mr.Lala Bumela membuka pertemuan kita dengan mengucapka “Assalamualaikum Wr.Wb”.  mungkin memang sangat sulit yang kita pelajari.  Mr.Lala Bumela membahas tentang progress yang kemarin, Mr.Lala Bumela mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang gagal dalam membacanya.  Setelah itu Mr.Lala Bumela membahas tentang pertemuan dan jadwal.
            Selanjutnya Mr.Lala Bumela membahas tentang power point.  Power point yang berjudul : 9th Match : Reading Time.  Mr.Lala Bumela berkata bahwa dalam 5 pertemuan kedepan kita akan berperan sebagai pembaca.  Selama 5 pertemuan itu, kita akan lebih banyak membaca.  Dan selama 5 pertemuan kita akan mati-matian untuk membaca.  Mr.Lala Bumela membahas tentang class review.  Bahwasannya class review kita akan lebih berorientasi tentang “Reading Experiences”.  Mungkin maksudnya seperti ini bagaimana pengalaman kita, atau pengalaman kita membaca tentang teks yang kita baca, contohnya teks tentang”Don’t Use Your Data as a Pillow”.  Mr.Lala Bumela berkata kepada kita semua “kita itu lebih jauh atau tidak pada sang pencipta”.  Ada hal yang sangat penting adalah constant, high,quality works.  Mungkin maksudnya seperti ini dalam membaca kita harus terus mengulang membaca teks tersebut sehingga kita memahami teks tersebut.  Bukan hanya constant, kita juga memiliki kualitas yang besar dalam membaca atau bekerja.
            Dalam slide ke-2, Mr.Lala Bumela mengatakan bahwa beliau bukan seseorang yang perfect, dan beliau tidak memiliki rasa toleransi untuk kesalahan yang kecil, dalam bahasa inggris nya : “I don’t tolerate a small eror/mistake/Ignorance!”.  Selain itu Mr.Lala Bumela berkata pada power pointnya.  Ini adalah bagian dari what I saw in the first half of the season.  Point bahwa itu adalah sebuah pekerjaan yang nyata.  Point terakhir dalam slide ke-2 itu membahas tentang “Moving in L1- L2 Continuum is a real journey!”. Dulu kita menulis masih menggunakan bahasa inggris, lalu dengan critical kemaren kita menggunakan bahasa inggris inilah perjalanan kita yang sebenarnya.  Mungkin kitamemang awalnya menggunakan L1 perjalanan kita menuju L2 menggunakan “Continuum”
                                                                                         Continuum
                                                                       L1                                           L2
            Pada  power point slide ke-3 yang berjudul “ What I expect in rhe second half of the season” .  dalam slide ini memiliki 9 point.  Mr.Lala Bumela berkata kepada kita semua “kita itu lebih jauh atau tidak pada sang pencipta selama saya memberikan kalian tugas”.  Kata-kata itu berhubungan dengan attitude.  Attitude adalah sikap, sikap itu adalah bingkai yang sangat suci, jika attitudenya jelek jangan harap kedepannya akan memiliki attitude  yang sangat bagus.  Attitude itu bisa dikatakan sebagai pintu gerbang.  Point ke-2 “A Constant Reading(extensive and intensive) experince.  Extensive adalah tidak continue, hanya mengisi waktu luang dan mencari sebuah informasi yang penting saja.  Sedangkan intensive adalah sama saja mencari sebuah informasi namun penjelasannya lebih detail atau lebih terperinci untuk mencari sebuah informasi yang penting yang berada dalam teks dan lebih merujuk ke sumber-sumber atau referensi.
            Point ke-3 “ A Constant with the best partner”.  Mungkin maksudnya seperti ini , pada saat kita berdiskusi kita harus memilih dan memiliki seoran partner untuk menganalisis atau mereview dari teks yang kita buat.  Jika kita mempunyai sebuah partner yang sangat menonjol dari kita, kita akan menghasilkan sebuah progress yang sangat baik.  Selain kita memiliki seorang partner yang lebih menonjol dari kita, pada saat kita berdiskusi atau mereview kita harus focus pada  teks tersebut, jika kita tidak focus teks yang kita analysis itu tidak akan  menciptakan  sebuah  teks yang lebih baik.  Pada saat kita beragumen kita harus mempunyai sebuah commitment pada argumen  kita, kita harus mempertahankan sebuah argumen kita pada saat ada seorang partenr kita tidak setuju dengan argumen kita.  Intinya kita harus mempunyai sebuah commitment agar agumen kita dihargain, bukan argumen yang sembarangan kita harus mencari sumber sumber  lain untuk  mempertahankan argumen kita.  Dalam sebuah diskusi kita harus memiliki teamwork, agar  tidak ada yang egois.  Beberapa dari keuntungan  teamwork mempermudah kegiatan pembelajaran, ketika kita mempunyai suatu kekurangan  teamwork akan memlengkapi kekurangan kita.  Jadi jika ada teamwork tidak ada yang menang sendiri.
   Sebelum kita berdiskusi, Mr.Lala Bumela menjelaskan tentang Trivia Quiz. Dalam power point ada 9 pertanyaan yang mencangkup tentang papua barat.  Pertanyaan tentang Papua Barat diantaranya : siapa presiden yang mengubah Irian Jaya menjadi Papua?  Siapa pendiri Organisasi Papua Merdeka (OPM)?Semua pertanyaan-pertanyaan tersebut, ujung-ujungnya yaitu pendapat kitamengena ipermasalahan apakah Papua harus memisahkan diri dari Indonesia atau tidak.
“Don’t Use Your Data as a Pillow,”  dengan kata kunci yaitu data dan pillow,  Mr. Lala Bumela mengatakan bahwa data merupakan sebuah informasi dan di dalam informasi terdapat  spoken, visual, dan sebagainya.  Menurut Lehtonen (2000:56) “Pictures differ from spoken and written language in certain significant ways. Firstly, pictures are said to be indexed signs. By index is meant that a sign is in a concrete relationship with its referent. Secondly, pictures are said to resemble their object; they are iconic signs. By iconic is meant that the sign represents its referent by bearing archives. Such technologies may ease our everyday  lives, but simulta neously they make it easier  to control our lives.”
   Mr.Lala Bumela membahas di Power Point yang tentang pertanyaan di Papua Barat.  Adapun sejarah tentang Papua Barat.  Di dalam Power Point itu ada pertanyaan “Trivia Quiz” Mr.Lala Bumela memberikan pertanyaan itu kepada kita semua, sebelum membahas teks.
·         What is West Papua? And where is it located?

          Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Papua. Ibukotanya adalah Manokwari. Nama provinsi ini sebelumnya adalah Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999.  Namun  berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 Th 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat.  Wilayah provinsi ini mencakup kawasan kepala burung pulau Papua dan kepulauan-kepulauan di sekelilingnya. Di sebelah utara, provinsi ini dibatasi oleh Samudra Pasifik, bagian barat berbatasan dengan provinsi Maluku Utara dan provinsi Maluku, bagian timur dibatasi oleh Teluk Cenderawasih, selatan dengan Laut Seram dan tenggara berbatasan dengan provinsi Papua. 
Sedangkan perbedaan PAPUA dan IRIAN JAYA adalah Papua merupakan nama pulau di Indonesia sekarang sedangkan Irian Jaya mnerupakan nama pulau dan provinsi pada masa Soekarno yang dijuluki Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.  
Pertanyaan selanjutnya tentang In what year the land called Papua integrated into NKRI? Papua kemudian menjadi salah satu provinsi yang baru secara resmi yang menjadi bagian dari NKRI pada tahun 1969.
What is Trikora ?
            Pada  19 Desember 1961 Presiden Soekarno mengeluarkan Tri Komando Rakyat di alun-alun utara Yogyakarta, dilakukan beberapa gelombang Operasi Militer di Papua Barat dengan satuan militer yang diturunkan untuk operasi lewat udara dalam fase infiltrasi seperti Operasi Banten Kedaton, Operasi Garuda, Operasi Serigala, Operasi Kancil, Operasi Naga, Operasi Rajawali, Operasi Lumbung, dan Operasi Jatayu.  Operasi lewat laut adalah Operasi Show of Rorce, Operasi Cakra, dan Operasi Lumba-Lumba.  Sedangkan pada fase eksploitasi dilakukan Operasi Jayawijaya dan Operasi Khusus (Opsus).
Kemudian ketika banyak persoalan papua dengan para kolonial Belanda, rakyat papua mengeluarkan asas yang disebut dengan TRIKORA (Tiga komando rakyat) yang berisi:
1. Gagalkan berdirinya negara Boneka Papua bentukan Belanda
2. Kibarkan sang Merah Putih di irtian Jaya tanah air Indonesia

3. Bersiap melaksanakan mobilisasi umum    
Perntanyaan selanjutnya adalah What did the Dutch colonial do in Papua?
Dutch colonial (Pemerintah Belanda) pada tahun 1957 mulai bekerjasama dengan Australia untuk men-dekolonisasi wilayah koloni mereka masing-masing, namanya wilayah Papua dan New Guinea (Australia) dan Nederland Nieu Guinea (Belanda).  Selain pertanyaan itu ada juga pertanyaan tentang peran para negara negara tetangga dalam konflik Papua What are the roles of US-UN and our neighbouring countries in the Papua conflicts? Mungkin Peran US-UN dan Negara-Negara tetangga mendukung Papua untuk menjadi Negara mandiri.
·         What is Organisasi Papua Merdeka (OPM) and who finances them?
Kemudian Papua mendirikan sebuah organisasi yang disebut dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah sebuah organisasi yang didirikan tahun 1965 dengan tujuan membantu dan melaksanakan penggulingan pemerintahan yang saat ini berdiri di provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia, sebelumnya bernama Irian Jaya memisahkan diri dari Indonesia, dan menolak pembangunan ekonomi dan modernitas Organisasi ini mendapatkan dana dari pemerintah Libya pimpinan Muammar Gaddafi dan pelatihan dari grup gerilya New People's Army beraliran Maois yang ditetapkan sebagai organisasi teroris asing oleh Departemen Keamanan Nasional Amerika Serikat.  OPM ini ingin menjadikan Papua berdiri sendiri, dengan kata lain lepas dari kepemerintahan Indonesia dan berdiri independent sebagai sebuah negara.  Yang didukung oleh negara-negara barat dan terus dikompor-kompori untuk segera lepas dan berdiri sendiri.  Kasus atau skandal yang banyak terjadi di papua ini tidak lepas dari pengaruh Amerika dan Australia seperti yang di bicarakan oleh Noam Chomsky pada videonya, yaitu :  "Saya pikir perlawanan di Papua Barat akan terus terjadi namun sepertinya hal tersebut tidak akan berhasil. Bisa negara Barat (Australia dan AS) bersedia untuk mengambil tanggungjawab dan tindakan, perlawanan itu bisa diatasi, Perampokan sumber daya alam yang dilakukan oleh Australia dan kekuatan Barat (AS) lainnya, adalah sebuah skandal besar."

            Setelah Mr.Lala membahas slide ketiga, Mr.Lala memerintahkan  kita semua untuk membuat kelompok kecil yang terdiri dari lima orang dan berdiskusi tentang teks yang berjudul “Don’t use your Data as a pillow”.   Setelah kelompok itu jadi kita harus mendiskusikan  maksud dari “Data” dan “Pillow” tersebut.  Mr.Lala memberikan sebuah intruksi bagaimana kita menganalisis, berawal dari judul kita semua memberikan hasil argumen dalam diskusi.  Kelompok  kami  terdiri dari 6 orang diantaranya adalah  :
1.      Nafila El –Sa’idah
2.      Nita Agustina Maulidya
3.      Rasdeni
4.      Ummi Kulsum
5.      Devi Risnawati
6.      Wahyu Zulfa
Kita diberikan waktu selama 25 menit untuk berdiskusi.   Setelah kita selesai berdiskusi, kita menyampaikan sebuah kesimpulan.  Selama 25 menit itu kelompok kita baru membahas tentang judul,  paragraph pertama sentence 1 dan sentence kedua tentang teks tersebut.  Berikut adalah  hasil  catatan yang  masih  kotor yang  kelompok kami catat yang masing-masing  perseorangan  memberikan  pemahamannya.
“Do not use your data as A pillow”
Ø  Pembahasan pertama tentang judul “Do not use your data as a pillow”
Nafè data adallah file yang dibuat seseorang untuk kepentingan tertentu
Nitè sebuah file yang dibuat oleh seseorang untuk kepentingan atau hasil penelitian
Dvè hasil sebuah penelitian, jangan hanya didiamkan saja.  harusnya lebih bisa digali lagi
Rdè data merupakan hassil penelitian yang adanya fakta yang untuk dikembangkan
Zulè hasil observasi
Umè data harus dikembangkan, jangan hanya sebagai sandaran.
Kesimpulan: jangan gunakan data (hasil akhir) dari sebuah penelitian sebagai sandaran.  Harus ada perkembangan.

Ø  Sentence 1 (paragraf 1) “...”
Dvè mengadakan pesta perpisahan antara warga papua dengan peneliti (eben)
Nitè memperkenalkan budaya
Umè ciri khas dari makanan Papua
Nafè disengaja umtuk lebih bisa menghidupkan papua
Rdè memberikan sebuah kenangan tersendiri/ moment untuk sang peneliti
Zulè pesta perpisahan khusus untuk si peneliti (tradisional)
Kesimpulan: masyarakat dengan menyengaja mengadakan pesta perpisahan yang bernuansa papua.

Ø  Sentence 2 “....”
Rdè deni Yomaki mewakili masyarakat Papua dalam mengatur pesta
Nitè Deni Yomaki mewakili massyarakat Papua dalam mengatur pesta dan Deni Yomaki membantu Eben menyelesaikan sebuah penelitian tentang Papua
Zulè Deni Yomaki membantu memperkenalkan budaya Papua.  Deni Yomaki seorang a human Rights warker
Dvè memberikan sebuah kesan pesta pada Eben.  Kegiatan hanya diberikan untuk hasil akhir.
Kesimpulan: pesta sederhana tapi mengesankan.

   Catatan  kotor di atas merupakan hasil dari diskusi dari kelompok  kami, dimana selanjutnya hasil dari diskusi kami d,,isimpulkan dan dibacakan.  Setelah beberapa menit dibacakan setiap kelompok.   Mr.Lala Bumela membahas di Power Point yang tentang pertanyaan di Papua Barat.  Adapun sejarah tentang Papua Barat.
         
            Setelah membaca teks artikel tersebut, dapat diketahui kelebihan dan  kekurangan kita sebagai pembaca. My strength as a reader masih belum terlihat jelas tetapi mungkin mudah mengerti tentang maksud dari judul artikel tersebut, sedangkan my weakness as a reader adalah kurangnya reading experience mengakibatkan ketidakpahaman mengenai isi bacaan pada artikel, sulit untuk mengerti kosa kata baru dalam artikel jika tanpa melihat kamus, sulit untuk menghubungkan makna dari kalimat yang satu ke kalimat setelahnya atau dari paragraph satu ke paragraph selanjutnya, masih kurang terlibat ke dalam teks bacaan, dan masih sulit untuk mengerti makna yang tepat yang terkandung dalam artikel. Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan itu, saya harus mempunyai semangat lebih untuk mengatasinya dan berlatih lebih banyak membaca teks bacaan atau artikel dalam L2 (Bahasa Inggris).

          Akhirnya dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pemahaman membaca atau reading comprehension sebuah teks, kita bisa menjelajahi suatu sejarah.  Seperti pada teks “don’t use your data as a pillow” yang ditulis oleh S. Eben Kriksey yang melakukan penelitian di papua barat Indonesia.  Bukan hanya menulis, membaca pun sangat penting, karena dengan membaca kita bisa mengetahui sejarah yang ada di seluruh dunia.  Dari teks ini kita bisa mendapatkan banyak data-data permasalahan dan sejarah papua masa lalu dan juga dapat membantu kita untuk menjadi pembaca yang memiliki pemahaman yang tinggi.  Sebuah informasi bisa dikatakan menjadi sebuah data jika dilakukan dengan penelitian, seperti yang telah dilakukan oleh S. Eben Kriksey.  Dalam menulis argumen kita harus mempunyai Atittude yang baik, Focus, Commitmen, Persverance, memiliki partener yang menonjol dari kami, memiliki Teamwork dalam berdiskusi, agar lebih mudah dan tidak ada yang egois.



Referensi :

Lehtonen, M. (2000).  The cultural analysis of text.  London: Sage publication
http://id.wikipedia.org/wiki/Papua diakses pada Sabtu, 5 April 2014 pukul 10.01 p.m.
http://id.wikipedia.org/wiki/Papua_barat diakses pada Sabtu, 5 April 2014 pukul 10.01 p.m.
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Papua_Merdeka diakses pada Sabtu, 5 Apri 2014 pukul 8:29 a.m.
http://id.wikipedia.org/wiki/Operasi_Trikora diakses pada hari Sabtu pukul 9.03 p.m.




Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment