Sunday, March 9, 2014
Created By:
Moh. Chaerul Anwar
Menurut Troyka (2006:117), proses berpikir kritis terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
Name :
Moh. Chaerul Anwar
ID Num. : 14121320246
Class :
PBI-D
Semester :
4th Semester
Subject :
Writing 4
Task :
Class Review 4
The
Crucial Seven
Tujuh
yang krusial, itulah kalimat yang pantas saya dapatkan di petualangan ke tiga
kemarin pada hari jum’at tanggal 28 februari 2014. Kenapa juga harus lupa.
Aduh.. Ya sudah lah, whatever will be will be..
Terdapat
tiga pembahasan penting dari pertemua yang ke-tiga kemarin, yaitu tentang
Critical Review, Classroom Discourse dan Religion Harmony. Banyak sekali
evaluasi yang saya dapatkan. Ternyata Critical Review saya banyak sekali
kekurangan. Untungnya sang pemandu, Mr.Lala melakukan “Evaluation Times for
Critical Review.” Mungkin saya harus mempelajari lagi bagaimana membuat Critical
Review yang baik dan benar. Saya telah mendapatkan bagaimana cara membuat
Critical Review dari berbagai sumber.
Critical review bukan sekedar
laporan atau tulisan tentang isi sebuah buku atau artikel, tetapi lebih
menitikberatkan pada evaluasi (penjelasan, interpretasi & analisis) kita
mengenai keunggulan & kelemahan buku atau artikel tersebut, apa yang
menarik dari artikel tersebut, bagaimana isi artikel tersebut bisa mempengaruhi
cara berpikir kita & menambah pemahaman kita terhadap suatu bidang kajian
tertentu. Dengan kata lain, melalui critical review kita menguji pikiran
pengarang/penulis berdasarkan sudut pandang kita berdasarkan pengetahuan &
pengalaman yang kita miliki. Maksud pemberian tugas kuliah berupa critical
review ini adalah untuk mengembangkan budaya membaca, berpikir sistematis &
kritis, dan mengekspresikan pendapat (Rosen, 2006: 325). Bagaimana memulai
untuk membuat critical review? Untuk bisa membuat sebuah critical review, kita
harus terbiasa untuk berpikir kritis. Dengan berpikir kritis berarti kita
mengontrol proses berpikir secara sadar (Troyka, 2006:115). Hal ini sama
seperti ketika kita bertemu dengan teman baru, kemudian kita memutuskan apakah
kita menyukai orang tersebut apa tidak (Troyka, 2006:117).
Menurut Troyka (2006:117), proses berpikir kritis terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
1. Merangkum
(menyatakan kembali);
2.
Menganalisis (menggali informasi tersirat);
3.
Mensistesiskan (menghubungkan apa yang telah dirangkum dan dianalisis dengan
pengetahuan dan pengalaman kita);
4.
Mengevaluasi (membuat penilaian). Tahapan inilah yang diterapkan pada saat kita
melakukan critical review. Membuat critical review sama dengan membuat sebuah
essay pendek.
Setelah
pembahasan Pembuatan Critical Review selesai, kami membahas tentang Classroom
discourse atau Wacana Kelas. Wacana
kelas
merujuk pada bahasa yang guru dan siswa gunakan untuk berkomunikasi satu sama
lain di dalam kelas. Berbicara, atau percakapan, adalah media di mana sebagian
besar mengajar berlangsung, sehingga studi wacana kelas adalah studi tentang
proses pengajaran di kelas tatap muka.
Interaksi verbal antara guru dan
siswa memiliki struktur dasar yang sama di semua kelas, dan di semua tingkatan
kelas, di negara-negara berbahasa Inggris. Pada dasarnya, guru mengajukan
pertanyaan, satu atau dua siswa menjawab, guru mengomentari jawaban siswa
(kadang-kadang meringkas apa yang telah dikatakan), dan kemudian mengajukan
pertanyaan lebih lanjut. Pola siklik ini berulang, dengan variasi yang menarik,
sepanjang perjalanan pelajaran.
Analisis pola karakteristik
interaksi sebagian besar ruang kelas telah menunjukkan bahwa rata-rata, guru
berbicara selama lebih dari dua-pertiga dari waktu, beberapa siswa memberikan
kontribusi sebagian besar jawaban, anak laki-laki lebih banyak berbicara
daripada anak perempuan, dan orang-orang yang duduk di depan dan pusat kelas
lebih mungkin untuk berkontribusi dibandingkan mereka yang duduk di bagian
belakang dan samping. Bracha Alpert telah mengidentifikasi tiga pola yang
berbeda dari wacana kelas: (1) diam (guru berbicara hampir sepanjang waktu dan
meminta hanya pertanyaan sesekali), (2) dikontrol (seperti dalam kutipan di
atas), dan (3) aktif ( guru memfasilitasi sedangkan siswa berbicara terutama
satu sama lain). Upaya terbaru untuk mereformasi pengajaran yang didasarkan
pada pembelajaran konstruktivistik telah menyerukan bagi guru untuk mengajukan
pertanyaan lebih sedikit dan bagi siswa untuk belajar ke negara dan membenarkan
keyakinan mereka dan berdebat secara konstruktif tentang alasan dan bukti.
Selanjutnya
kami membahas tentang Religion Harmony atau Kerukunan antar umat beragama.
Memang benar bahwa Agama memainkan peran yang sangat
penting dan sentral dalam kehidupan semua orang. Agama menuntun kita ke jalan kejujuran, integritas, moral
yang tinggi dan mengilhami kita untuk menjalani kehidupan yang benar. Banyak orang di seluruh dunia yang didorong oleh agama mereka
untuk menjaga diri dari perbuatan buruk dan melakukan hal-hal yang baik.
Kerukunan
beragama memegang kunci untuk dunia yang damai dan progresif. Kerukunan beragama adalah kebutuhan jam karena kita adalah
anak-anak Tuhan yang sama. Kitab suci berbagai
agama yang penuh dengan pengetahuan ilahi, dan jika kami agama toleran dan
mempelajari buku-buku dan praktek suci dalam kehidupan kita sehari-hari maka
dunia kita bisa menjadi jauh lebih baik. Dunia
kita adalah beragam di mana orang-orang dari agama yang berbeda tersebar di
banyak negara - sebuah kelompok agama banyak menjadi mayoritas di beberapa
daerah dan minoritas di daerah lain. Kerukunan
umat beragama penting untuk menjamin keamanan orang-orang di masyarakat yang
beragam.
Kerukunan Umat Beragama memegang
panggung untuk perdamaian dan kemakmuran di dunia multi-agama dan multi-budaya
kita. Mari kita berjanji untuk mencintai dan
menghormati semua orang di dunia terlepas dari agama seseorang, cast,
keyakinan, sekte, warna, etnis, bahasa, jenis kelamin, kebangsaan, dan
perbedaan lainnya. Mari kita berjanji untuk
bekerja menuju membawa Kerukunan Umat Beragama dan co-menciptakan dunia yang
damai dan sejahtera.


Subscribe to:
Post Comments (Atom)