Monday, March 17, 2014
Created By:
Moh. Chaerul Anwar
Name : Moh. Chaerul Anwar
NIM : 14121320246
Class : PBI-D
Semester : Fourth Semester
Task : Class Review 5
Title : Keys Setup inWriting
Benarkan? Dengan apa yang telah
dijelaskan di awal bahwa perjalanan akan semakin banyak rintangan dan
tantangan. Tidak hannya semakin banyak, tetapi juga setiap tantangan semaikin
tinggi tingkat kesulitannya disetiap pertemuan.
Alhamdulillah, Progress Test yang
pertama telah dilaksanakan di pertemuan kemarin. Itu sangat membantu dalam
melatih keahlian menulis. Tidak hanya sebagai bahan latihan belaka, melainkan
juga sebagai tolak ukur dalam kreatifitas menulis. Tak heran bahwa berbagai
rintangan telah dilalui. Seharusnya itu bisa dijadikan sebagai bahan dalam
meningkatkan kemampuan berkreatifitas dan berimajinasi yang tinggi. Coba
dibayangkan jika dimilikinya suatu imajinasi yang tinggi dalam benak fikiran,
maka dalam menulis akan muncul ide-ide yang brilian dan mudah untuk
dikembangkan. Jangan Jauh-jauh, contohnya dapat diambil dari mata kuliah ini.
Menulis menjadi prioritas utama. Menurut pengalaman yang dimiliki, tidak akan
bisa jika tidak adanya kreatifitas dan imajinasi yang tinggi.
Mengingat kesalahan-kesalahan
sebelumnya, membuat hati ini merasa jauh dari keberhasilan dalam menulis. Tapi,
jika tidak ada USAHA, malah akan semakin jauh. Ya, Usaha, itulah yang
dibutuhkan saat ini. Songsong masa depan dengan menulis. Telah dijelaskan pada
pertemuan kemarin, bahwa setiap kesalahan mempunyai tingkatan tertentu. Semakin
banyak kesalahan yang terulang, maka semakin tinggi pula tingkat penilaian dari
sisi negative. Penjelasannya dapat diuraikan sebagai berikut.
1. Kesalahan
pertama dianggap weakness. Pada tingkat ini kesalahan dianggap sebagai
kekurangan, karena kesalahan awal merupakan sesuatu yang wajar dan bias
diperbaiki.
2. Kesalahan
ke-dua dianggap mistake. Dalam tingkat ini kesalahan bukan lagi dianggap
sebagai kekurangan, melainkan sesuatu kesalahan, Karena sebelumnya telah
mendapatkan kesempatan dalam hal perbaikan.
3. Kesalahan
ke-tiga dianggap Ignorance. Ini merupakan tingkat kesalahan yang krusial,
karena penuls bisa dianggap sebagai pemberontak jika melakukan kesalahan.
4. Kesalahan
ke-empat dianggap sebagai INSANE. It is the biggest mistake for the writer.
Jangan sampai deh mendapatkan kesalahan tingkat ini.
Pada bagian ini, akan
dicoba pembahasan tentang elemen-elemen dalam menulis. Menurut Hylan
(2002;2009), terdapat enam elemen dalam menulis, diantaranya:
1. Context
2. Literacy
3. Culture
4. Technology
5. Genre
6. Identity
1. Context
Cara dalam memahami
tulisan telah dikembangkan melalui pemahaman yang canggih. Telah disadari bahwa
makna bukanlah sesuatu yang berada dalam kata-kata semata di suatu tulisan,
melainkan sesuatu yang diciptakan dalam interaksi antara penulis dan pembaca,
karena mereka berkata dengan cara yang berbeda, masing-masing berusaha menebak
tujuan satu sama lain.
Dinyatakan oleh Cutting (2002:3) bahwa terdapat tiga
aspek utama dalam konteks, antara lain
• Konteks situasional : Sesuatu yang diketahui oleh masyarakat tentang apa
yang dapat mereka lihat di sekitarnya.
• Konteks latar
belakang pengetahuan : Apa yang diketahui oleh masyarakat tentang apa yang
mereka tahu antara satu sama lain, tentang dunia dan aspek kehidupan.
• Konteks Co-tekstual :
Apa yang diketahui masyarakat tentang apa yang mereka miliki.
Halliday mengembangkan
analisis konteks berdasarkan gagasan bahwa teks adalah hasil dari pilihan
bahasa penulis dalam konteks yang khusus. (Malinowski, 1949). Artinya, bahasa itu bervariasi sesuai dengan situasi
di mana ia digunakan, sehingga jika meneliti teks kita dapat membuat dugaan
situasi, atau jika kita berada dalam situasi yang khusus, kita membuat pilihan
tertentu berdasarkan situasi.
Konsep dimensi Halliday
tentang konteks:
1. Field
– Topic
2. Tenor
– Status
3. Mode
– Structure
Dengan kata lain,
bahasa yang kita gunakan harus sesuai dengan situasi di mana kita
menggunakannya.
2. Literacy
Sudah diketahui bahwa menulis dan membaca adalah tindakan
keaksaraan bagaimana kita benar-benar menggunakan bahasa dalam kehidupan
sehari-hari. Konsepsi modern dapat mendorong untuk melihat tulisan sebagai
praktik sosial, bukan sebagai keterampilan abstrak.
Barton ( 2007: 34 -5 )
menguraikan konsep sosial keaksaraan sebagai berikut:
1. Literasi
adalah salah kegiatan sosial yang jauh lebih baik jika dijelaskan dalam hal
praktiknya.
2. Setiap
orang memiliki tingkat kemahiran yang berbeda dalam hal literasi sosialisasi.
3. Praktik
keaksaraan masyarakat terletak dalam hubungan sosial yang lebih luas sehingga
perlu untuk menggambarkan pengaturan-pengaturan keaksaraan.
4. Praktik
keaksaraan berpola pada lembaga lembaga social.
5. Literasi
berdasar pada system symbol sebagai cara untuk mewakili dunia kepada orang lain
diri kita sendiri.
6. Sikap
dan nilai-nilai yang berkaitan dengan panduan keaksaraan tindakan kita adalah
untuk berkomunikasi.
7. Sejarah
kehidupan kita mengandung banyak peristiwa keaksaraan dari mana kita belajar dan
yang memberikan kontribusi hingga saat ini.
8. Sebuah
peristiwa keaksaraan juga memiliki sejarah sosial yang membantu menciptakan
arus praktek.
3. Culture
Budaya secara umum dipahami sebagai historis yang
ditransmisikan dan jaringan sistematis makna yang memungkinkan kita untuk
memahami, mengembangkan dan mengkomunikasikan pengetahuan dan keyakinan kita
tentang dunia. (Lantolf, 1999).
Hal ini karena nilai-nilai budaya kita tercermin dalam dan
dilakukan melalui bahasa, tetapi juga karena budaya membuat ketersediaan bagi
kita dengan cara tertentu yang diambil untuk diberikan mengorganisir kita dalam
persepsi dan harapan, termasuk yang kita gunakan untuk belajar dan
berkomunikasi secara tertulis. Dalam menulis penelitian dan pengajaran , ini
adalah wilayah retorika kontrastif.
Retorika kontrastif adalah area penelitian dalam akuisisi
bahasa kedua yang mengidentifikasi masalah dalam komposisi yang dihadapi oleh
bahasa kedua penulis dan dengan mengacu pada strategi retoris dari bahasa
pertama, yang berupaya untuk menjelaskan pada pembaca. Sebagai konsekuensi
langsung, masing-masing bahasa memiliki konvensi retorika unik.
Connor (1996 : 5)
4. Technology
Untuk
menjadi orang yang melek hari ini berarti memiliki kontrol atas berbagai media
cetak dan elektronik. Banyak yang terakhir memiliki dampak yang besar pada cara
menulis, genre dibuat, identitas pengarang diasumsikan, dan cara kita terlibat
dengan pembaca.
Konsep
Pengaruh teknologi elektronik pada penulisan.
• Mengubah ciptaan, mengedit,
proofreading dan proses memformat.
• Mengkombinasikan teks tertulis
dengan media visual dan audio lebih mudah
• Mendorong menulis non - linear dan
proses membaca melalui link hiper – teks
• Tantangan pemikiran tradisional
tentang kepenulisan, wewenang dan intelektual.
• Mengizinkan penulis untuk mengakses
ke informasi lebih lanjut dan untuk menghubungkan bahwa informasi dalam
cara-cara yang baru
• Mengubah hubungan antara penulis
dan pembaca sebagai pembaca bisa sering menulis kembali.
• Memperluas berbagai genre dan
peluang untuk mencapai lebih banyak pembaca.
• Memperkenalkan kemungkinan untuk membangun dan memproyeksikan
social identitas baru.
• Memfasilitasi masuk ke komunitas
wacana baru on-line
• Meningkatkan marginalisasi penulis
yang terisolasi teknologi
5. Genre
Genre merupakan salah satu proses sosial menjadi penyebab
berinteraksinya budaya untuk mencapai mereka, berorientasi tujuan karena mereka
telah berevolusi untuk mencapai tujuan, dan dipentaskan karena makna dibuat
dalam langkah-langkah dan biasanya membutuhkan penulis lebih dari satu langkah
untuk mencapai tujuan mereka. Ketika serangkaian teks berbagi tujuan yang sama,
mereka menjelaskan Instruksi Penjelasan yang ditulis untuk menjelaskan proses
yang terlibat dalam fenomena atau bagaimana sesuatu bekerja.
Instruksi ditulis untuk menggambarkan bagaimana sesuatu harus
dilakukan. Instruksi biasanya terdiri
dari: pernyataan umum untuk memperkenalkan topik, serangkaian
langkah-langkah logis untuk menjelaskan bagaimana atau mengapa sesuatu
terjadi, sebuah pernyataan dari apa yang akan dicapai, daftar bahan /
peralatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan serangkaian langkah sequencing
untuk mencapai tujuan tersebut.
6. Identity
Penelitian terbaru
telah menekankan hubungan dekat antara penulisan dan identitas seorang penulis.
Dalam artian, identity bermakna luas bahwa orang-orang menampilkan siapa mereka
antara satu sama lain. (Benwell dan Stokoe, 2006: 6).
Pengertian saat ini, identitas dilihat sebagai konsep
plural, yang didefinisikan secara social dan dinegosiasikan melalui pilihan penulis
dalam wacana mereka. Pilihan ini sebagian dibatasi oleh ideologi dominan pada kemahiran
istimewa di masyarakat tertentu, dan sebagiannya terbuka untuk interpretasi
penulis sebagai akibat dari pribadi dan pengalaman sosial buday. Demikian identitas
mengacu pada penulis dari berbagai penggunaan dalam konteks yang berbeda, proses
hubungan mereka dengan masyarakat khusus, dan tanggapan mereka terhadap hubungan
kekuasaan institusional yang tertulis di dalamnya.
Demikianlah
penjelasan tentang elemen-elemen dalam menulis menurut Ken Hyland yang
dijelaskan pada bukunya yang berjudul “Teaching and Researching Writing”. Ini
juga mengakhiri pembahasan pada Class Review kali. Sangat diharapkan penjelasan
ini dapat bermanfaat bagi yang menulisnya.


Subscribe to:
Post Comments (Atom)