Sunday, March 23, 2014
Created By:
Nafila El-Sa'idah
Class Review 6
Exploring Thesis Statement
Di hari itu memulai langkah untuk sebuah pembelajaran lebih pagi
dibandingkan dengan pagi pagi sebelumnya.
Pukul 05.45. kita sudah berkumpul
di dalam kelas. Sedangkan matahari
mengintip kita yang sedang bergegas menyiapkan segala sesuatunya untuk belajar. Kita menang.
Itlah kata yang saya kira untuk semua mahasiswa mahasiswi pbi d semester
3. Terutama saya, saya merasa menang
karena saya lebih awal tersenyum daripada matahari. Minggu kemarin, saya masih duduk di atas
hamparan sejadah dengan qur’an cordoba saya pada pukul 05.45. di hari jumat itulah saya memulai untuk
menantang matahari, siapa yang lebih awal tersenyum, saya atau matahari. Untuk memulai jum’at, sabtu, minggu, memulai
belajar pada pukul 05.45 adalah langkah yang tepat karena 3 hari itu pun saya
dihadapkan dengan tantangan yang luar biasa karena bertepatan dengan ECON
(English Contest) 2014 dan saya harus mempersiapkan materi buat debate untuk
lombang debat di ECON.
Minggu ini kelas
pbi d termasuk golongan orang-orang yang beruntung. Jika kelas lain ditunda maka pbi d malah
dipercepat untuk MK writing and conversation 4 ini. Six match.
Perjalanan sudah sampai sepertiga dan hampir setengah perjalanan ke
garis finish. Siapkan endurance dan go
ahead. Six match : Strengthening Thesis
Statement: another journey in understanding columbus.
Quote dihari itu,
kaum literate adalah meneroka ceruk-ceruk baru tempat pengetahuan dan
keterampilan yang mereka pungut. Kaum
literat adalah kaum yang tercerahkan.
Mereka yang ada dalam kecerahan, the literate= the enlighten. Kaum yang tercerahkan adalah kaum yang cinta
terhadap ilmu pengetahuan dan akan menyebarkan ilmu pengetahuan. Hasil dari ilmu pengetahuan yang disebarkan
membawa makna potensial.
“meniru adalah
bagian penting dari menemukan lalu mencptakan”.
To discover then to creat. Untuk
menciptakan kreativitas dalam menulis.
Langtkah yang ditempuh oleh kita memang mesti meniru terdahulu, setelah
meniru akan dengan sendirinya menemukan dan kemudian menciptakan kreativitas
karena untuk menciptakan kreativitas tidaklah mudah.
Hal itu sangat
sulit, membutuhkan daya baca yang kuat, lama, teliti, analisis, involving to
the text, sehingga menemukan makna dari bacaan yang kemudian akan mampu
menciptakan.
Fowler (1996: 10): “Like the historian critical linguist aims to
understand the values which underpin social, economic, and political
formations, and diachronically, changes in values and changes in formaitons.
Fowler (1996: 12): “Ideology is of course both a medium and an
instrument of historical processes.”
Dari flowler,
yang digaris bawahi adalah “values”.
Nilai atau sikap atau perilaku.
Values adalah tujuan sejarah ahli bahasa. Perilaku dari banyak sisi sosial, politik dan
yang lainnya. “ideologi”. Memahami dengan ideologi, ideologi sebagai
perantara atau medium dan instrumen.
Ideologi akan memunculkan hal yang meyakinkan, ideologi keberadaannya
dimana mana, di setiap tekt (perkataan, tulisan, audio, visual atau kombinasi
dari semuanya).
Mengingatkan
kembali apa yang dikatakan Lehtonen dan Prof Al wasilah yang sama yaitu,
“Literacy is NEVER neutral”, literasi tidak pernah netral. Oleh karena itu, membaca dan menulis selalu
terdorong oleh sisi ideologi.
Akademik writing
sering mempunyai bentuk untuk mengajak, meyakinkan pembaca dengan teks yang
telah dibuat semenarik mungkin. Persuasi
adalah kemampuan mempraktikan dalam kehidupan sehari hari dengan thesis
statement.
Lebih berhati hati
dengan thesis statement. Pembaca akan
merasa tertarik kemudian menyelesaikan tulisan sampai akhir karena tulisan pada
thesis statement adalah suatu kalimat yang mencakup tulisan yang lain. Thesis statement adalah kalimat pertama yang
menjadi ide pokok dari paragraph itu.
Thesis statement dibuat secara langsung, tidak berputar putar kemana
mana, harus to the point.
Thesis dari sebuah
essay adalah ide pokok. Thesis statement
dari essay dapat terdiri dari 1 atau 2 kalimat untuk memperlihatkan ide pokok
dari setiap paragrafh. Thesis statement
mengidentifikasi topic penulis dan pendapat penulis mengenai topic itu.
2 fungsi thesis statement
1.
Penulis membuat thesis statement untuk
menangkap fokus dari subyek essay.
2.
Adanya thesis statement untuk memahamkan
pembaca pada tulisan.
5
pengertian thesis statement dari six match writing and conversation 4
1.
Thesis statement menunjukan kepada pembaca
bagaimana penulis secara signifikan menuliskan fokus utama.
2.
Thesis statement is road map. Thesis statement akan menunjukan pada pembaca
apa yang mereka harapkan dari ide paper.
3.
Secara langsung menjawab pertanyaan pembaca,
sebuah thesis sebagai interpretasi pembaca.
4.
Membuat sebuah tuntutan yang berselisih
5.
Satu kalimat yang mewakili dari isi paper dan
argument penulis kepada pembaca.
Cricial Reminder
Sebuah thesis
statement adalah hasil berfikir panjang.
Thesis statement harus mewakili semua text dari paper, maka thesis
statement perlu proses berfikir yang sangat lama.
Sebelum
mengembangkan sebuah argument atau topik lebih perhatian untuk mengumpulkan
data dan mengorganisir data sehingga berhubungan antara fakta yang satu dan
yang lainnya.
Research dan
menulis. Sebuah thesis statement
mewakili paragrapf yang lainnya.
Kemudian diikuti oleh data dari penelitian, fakta fakta dan bukti bukti
yang nyata mengkutinya.
Thesis harus cukup
jelas sehingga pembaca tidak merasa kebingungan mencari informasi how dan
why. Sebuah tulisan yang membutuhkan
klarifikasi atau tidak, saling berhubungan atau tidak, dan juga dalam
pemaparannya yang jelas. Untuk menjawab
how dan why dengan jelas.
Jadi
kesimpulannya, pada pukul 05.45. kita memulai pelajaran dengan tema power point
“Six match : Strengthening Thesis Statement: another journey in understanding
columbus”.
2 quote di hari
itu, the literate=the enlighten dan cara untuk menciptakan melalui tahap yaitu,
meniru kemudian menemukan dan menciptakan.
Namun, untuk menciptakan kreativitas membutuhkan daya baca yang kuat dan
lama sehingga menciptakan tulisan yang baik.
Sebuah tulisan
harus jelas thesis statementnya karena thesis statement mewakili tulisan yang
di bawahnya atau apa yang penulis tulis dalam teks itu. Thesis statement adalah paragraph yang
mempunyai ide pokok terhadap bacaan itu.
Thesis statement
yang akan menjadi kepala yang akan membawa anggota tubuh sampai ekor kemana
kepala itua akan membawanya. Jadi,
thesis statement harus mewakili dan tentunya harus jelas. Setelah thesis statement harus diikuti dengan
contoh, evidence yang jelas juga sehingga teks saling berhubungan dengan baik.


Subscribe to:
Post Comments (Atom)