Monday, May 5, 2014

“Let’s do it ! : Argumentative Essay”


“Let’s do it ! : Argumentative Essay”

            Setelah beberapa minggu tidak bertemu dengan Mata Kuliah Writing, pada hari ini kita mulai masuk kembali di jadwal yang seperti biasanya, tepat pukul 07.30. Pertemuan kali ini mulai membahas materi baru yaitu tentang Argumentative Essay, dan berikut adalah materi yang telah kami bahas di kelas.

Apa itu Analisis ?
Analisis adalah merangkum sejumlah data besar data yang masih mentah menjadi informasi yang dapat diinterpretasikan. Kategorisasi atau pemisahan dari komponen-komponen atau bagian-bagian yang relevan dari seperangkat data juga merupakan bentuk analisis untuk membuat data-data tersebut mudah diatur. Semua bentuk analisis berusaha menggambarkan pola-pola secara konsisten dalam data sehingga hasilnya dapat dipelajari dan diterjemahkan dengan cara yang singkat dan penuh arti.


Dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA, analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan. 
Factual Text meliputi hal-hal sebagai berikut :

Ø  Pengertian expository : Teks yangditulis olehpenulisuntuk menjelaskan, untuk menjelaskan,untuk menyajikan informasi, ataumembujuk. TeksEkspositoritundukberorientasidan berisifakta-faktadan informasimenggunakandialogsedikit. Contohstrukturteksekspositori: Bandingkan/kontras, penyebab / efek, pencacahan, klasifikasi, kronologi, pemecahan masalah.
Ø  Pengertian exposition : Pengertian atau definisi analytical exposition text sebenarnya sangat mudah dipahami. Secara bahasa, “Analytical” bermakna, “examining or liking to examine things very carefully” (Cambridge). Artinya, (suka memeriksa / menguji sesuatu secara hati-hati). Sedangkan makna exposition sendiri sudah pernah saya jelaskan pada tulisan tentang hortatory exposition, yaitu “a comprehensive description” atau penjelasan secara luas.
Ø  Pengertian argumentasi : "Argumentasi adalah kegiatanverbal,sosial, dan rasionalyang bertujuan untukmeyakinkanseorang kritikusyang wajar darisudut pandangpenerimaandenganmengedepankankonstelasisatu atau lebihproposisiuntuk membenarkansudut pandang.Orang-orang yang menggunakanargumentasiselalumenarik- baiksecara eksplisit maupun implisit- untukbeberapastandarkewajaranini, bagaimanapun, tidakselalu berartibahwa setiapargumentasimemangmasuk akal.." (FH vanEemerenetal, Argumentasi:.. Analisis,Evaluasi, PresentasiLawrenceErlbaum, 2002).
  
  

Apa itu Argumentative Essay ?
Argumentatif esai adalah genrepenulisanyang mengharuskansiswauntuk menyelidikitopik; mengumpulkan, menghasilkan, dan mengevaluasibukti; danmembangun posisipada topiksecara ringkas. Beberapakebingunganmungkin terjadiantaraargumentatifesai danekspositori esai. Keduagenreserupa, tetapiesaiargumentatifberbeda dariesaiekspositoridalam jumlahpra-menulis (penemuan) dan penelitianyang terlibat. Argumentatif esaiumumnyaditugaskansebagaibatu penjuruatautugas akhirsecara tertulistahun pertamaatau komposisilanjutan danmelibatkanpanjang lebar, penelitian rinci. Ekspositori esaimelibatkan penelitiankurang danlebih singkatpanjangnya. Ekspositori esaisering digunakan untuklatihan menulisdi kelasatautes, sepertiGEDatauGRE.
Dalammenulis argumentatif esaiAnda harusmembujukaudiens Andauntuk mempertimbangkansudut pandang Anda, bahkan jika merekamungkin tidak setujudengan Anda.
Hal ini membutuhkan beberapa perawatan dan keterampilan: Anda perlu menunjukkan rasa hormat karena menentang sudut pandang, Anda harus memilih kosa kata dengan hati-hati, dan, di atas semua, Anda harus menulis dengan jelas dan logis. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Argumentatif Esai :
1.      Tentukan topik!
Beberapa topik memerlukan definisi. Misalnya, jika topik Anda adalah "Haruskah sekolah memberikan pendidikan moral?" Anda harus menjelaskan apa itu pendidikan moral. Bagaimana Anda mendefinisikan istilah tersebut?
2.      Batasitopik!
Beberapa topikargumentatifmemerlukanpembatas. Misalnya,jikatopik Andaadalah"surat nilai" dantesis Andamengatakan "guru tidakharus menggunakanhurufnilai", pembacamungkin bertanya-tanyaapakah Andaberarti "semua guru di semua tingkatan dariTK sampaiperguruan tinggi" atau "hanyagurutertentu" tidak harus menggunakanmereka.
3.      Analisistopik!
SebelumAnda memutuskansudut pandang, Anda harus menganalisismasalahsecara menyeluruh. Topik yang palingargumentatifmemiliki duasudut pandang-untuk dan menentang-dandapat dinyatakansebagaiya / tidakpertanyaan, seperti"Haruskah siswa SMAbekerjaselama tahun sekolah?"

The structure of the argumentative essay: the basic format
1.      Introduction
2.      Body
first point and supporting info
second point and supporting info
third point and supporting info
3.      Conclusion

Purpose :
·         Sebuah argumen mengikuti ketika dua kelompok tidak setuju tentang sesuatu.
·         Orang-orang dapat memiliki pendapat yang berbeda dan dapat menawarkan alasan untuk mendukung argumen mereka. Namun, kadang-kadang mungkin sulit untuk meyakinkan kelompok lain karena argumen dapat didasarkan pada masalah preferensi, atau keyakinan agama.
·         Oleh karena itu, argumenpreferensi, keyakinanatauimanTIDAKjenisargumen. Jenisargumenyangbisa dikatakanlogisadalah yang didasarkan ataspendapatyang dapat didukungolehbukti-buktisepertifakta.
·         Sebuah esai argumentatif juga merupakan salah satu yang mencoba / berusaha untuk mengubah pikiran pembaca, untuk meyakinkan pembaca untuk setuju dengan sudut pandang penulis.
·         Untuk alasan itu, esai argumentatif mencoba untuk menjadi sangat persuasif dan logis. Sebagai contoh, tesis seperti "pengalaman pertama saya dengan orang Amerika yang mengejutkan" memiliki ide sentral 'mengejutkan' tapi itu tidak benar-benar sangat persuasif, dan hal ini tentunya tidak argumentatif.
·         Ketika Anda menulis sebuah esai argumentatif, berasumsi bahwa pembaca tidak setuju dengan Anda. Tapi harap diingat bahwa pembaca Anda tidak kurang cerdas daripada Anda.
·         Jadi, menulis secara obyektif, LOGIKA dan hormat. Cobalah untuk memahami titik lawan pandang. Jika Anda tidak, Anda tidak mungkin untuk meyakinkan pembaca.














Kesimpulan
Untuk membuat sebuah argumentative essay maka generic structure yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :
General structure of the argumentative essay



Outline Argumentative Essay
Introduction :
West Papua is a province that has a good natural resource and must be conserved by the Indonesian people themselves. Exploitation ofthe abundant naturalresourcesin West Papuaandlarge-scaleland grabbingsystematicallyforagribusinessprojectsbyIndonesianandinternational businessinterestshavebecome amain causeof tensionandconflict.
Body :
·         First point : West Papua is the golden island that holds millions of natural resources.
·         Second point : The historical background of Papua.
·         Third point : West Papua has a very lumpy culture.

Conclusion :
In conclusion, by looking atthe currentstateof West Papua, Papuanindependencewill not guaranteethat West Papuawilldevelop betterthan it is now, andthere is no guaranteethatleaderswillhave the visiontopowerthe Papuanpeople's welfare. So, it’sneed forfurtheraction.




Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment