Sunday, May 4, 2014

Exploring Argumentative Essay: Kisruhnya Tanah Air



#Class Review

Exploring Argumentative Essay: Kisruhnya Tanah Air



Jum’at, 25 April 2014 kembali menyapa dengan wajah baru setelah beberapa minggu tidak mengisi Class Review. Hanya saja kita masih membahas tentang teks yang berjudul “Don’t Use Your Data as a Pillow” by S. Eben Kirksey. Perjalanan yang cukup menghambat dalam mata kuliah Writing 4 ini serta detik-detik perjalanan menuju puncak dimana kita menunggu hasil akhir setelah mengikuti perjalanan mata kuliah ini. Tak terasa begitu cepatnya proses pembelajaran dalam Writing 4. Begitu banyak cerita suka, duka, senang, canda, tawa serta ilmu pengetahuan yang mulai meluas secara bertahap. Setelah membahas tentang teks tersebut betapa terkejutnya cerita tentang papua yang terkuak dan berliku-liku. Konflik-konflik yang terjadipun sangat terencana yang disebut sebgai “schema global”. Berikut ini beberapa data hasil yang telah didapatkan setelah berdiskusi dengan kelompok, yaitu :
P1 : Eben menuliskan keterkesanan dia terhadap pesta yang disediakan untuk dia oleh warga papua. Dari pesta ini eben berharap pesta ini sebagai kemajuan dalam bersosial dengan dunia asing.
P2: : pd tahun 1998, eben pertama kali datang ke papua dengan tujuan untuk menyelesaikan skripsinya ketika ia masih kuliah di New college of florida. Sedangkan kedua kalinya datang ke papua tetapi dengan tujuan yang berbeda, kedatangan eben kedua kalinya karena eben tertarik dengan kehidupannya di papua dan konflik yang terjadi di papua. Ketika ia datang sudah hujan dan tidak ada warga papua yang memberikan keterangan tentang hal itu.
P3: orang papua yang dilihat eben bukan ingin reformasi tapi ingin merdeka dan memisahkan diri dari Indonesia, latar belakangnya banyak pembunuhan oposisi (anti pemerintah) dari Dracula (militer indonesia) salah satu kekejamannya ada yang ditembak mati, di tenggelamkan ke laut.
P4 : Eben datang yang kedua kalinya sudah lulus dari beberapa universitar oxford, California dsb.  Dia tertarik pd konflik yang terjadi di Indonesia.  Dunia sudah tau bahwa pemerintah kurang care terhadap papua barat juga di dukung  kasus2 pembunuhan oleh militer Indonesia.  Tidak semua tentara menyerang papua barat, ada sebagian yang mendukung secara diam-diam.
P5:masyarakat papua ingin eben kerja sama dengan warga apua karena menganggap eben punya keahlian dan meminta eben untuk melakukan kampanye penelitian tentang terror yang dilakukan tni Indonesia caranya dengan mempelajari dimensi budaya kekerasan dalam bentuk terror yang dilakukan oleh tni kepada masyarakat papua. Eben berharap penelitiannya membantu rakyat papua untuk meraih kebebasan.
P6:menceritakan tentang pesta dan bagaimana eben menikmati pesta perpisahannya dengan berbincang-bincang dengan denny. ini merupakan pertemuan pertama eben dengan waropen, seorang pakar HAM dari komisi nasional HAM. Ada doa bersama yang dipimpin denny atas kesehatan eben
P7: latar belakang waropen yang berasal dari wasior, papua. Eben dan denny telah datang kewasior sebelum pesta perpisahan dimulai. Kedatangan eben sama denny sebelum pestadimulai untuk menyelidiki tni Indonesia yang pro terhadap papua.
P8: proses eben mencari informasi di wasior. Ternyata sangat sulit karena tentara nasional Indonesia selalu mengawasi eben sehingga tidak ada yang mau diwawancarai. Kalau ada pun Wawancara dilakukan dimalam hari.
P9: observasi eben awalnya adalah tentang antropologi papua dan hal-hal unik dan ciri khas yang ada di papua akan tetapi dia itu berinisiatif untuk mewawancarai dukun yang terkenal di sunning terdekat itu. Dukun itu berbicara tentang penyebab bencana gempa yang terjadi di jawa dan jatuhhnya pesawat membawa militer adalah tanggung jawab mereka padahal pernyataan tersebut merupakan bahasa halus bahwa mereka membenci Indonesia.
P10: eben belajar kepada waropen tentang perdukunan yang terjadi di papua untuk memenuhi tugas thesisnya.
P11: pandangan eben kepada waropen bahwa waropen merupakan narasumber yang sangat penting bagi eben dalam rangka menyelasaikan penelitiannya. Kata eben “itu hanya sebatas data, bukan pengetahuan”. Waropen cemas karena eben tidak mengutip sumber terpercaya.
P12: rekan informal dan  mentor menyarankan eben untuk memelihara semua sumber yang tidak diketahui namanya dengan izin dari kelembagaan universitasnya.
P13: aninoous, yaitu sumber tanpa nama. Kekurangannya, sumbernya kurang terpercaya.Kelebbihannya, kita bisa menjaga nama baik narasumber dan penulis dan itu merupakan strategi menjaga kutipan tanpa nama biar legal.
P14: eben kekeh agar tidak menyebutkan sumbernya. Dan waropen kekeh harus menyebutkan sumbernya.
P15: waropen bilang “ don’t use your data as a pillow”, jangan menggunakan data sebagai jembatan untuk kembali ke amerika.
P16: pada kenyatannya waropen mempropokasi eben untuck menjadi seorang ahli yang dapat diandalkan (seseorang yang mengetahui hal yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan)
P17: waropen memberikan tantangan kepada eben untuk menjadi seseorang yang lebih baik dan untuk mengetahui tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi dengan baik, dengan data-data dan mendorong eben untuk menerjemahkan suatu pengetahuan yang belum mereka ketahui kedalam bentuk tulisan.
P18: eben udah nulis data tapi waropen menolak data eben. Itu membuat eben berfikir agar dia bisa menulis bukan hanya tulisan dan bagaimana dia bisa membawa pengetahuan yang dia dapatkan dari papua untuk mempublikasikan karyanya ke dunia luar.
P19: saat eben dan denny meneliti keterhubungan antara   british petrolium dengan kerusuhan yang terjadi di papua. Britis petroleum menghabiskan 100 juta euro untuk membersihkan citra dirinya mengubah nama menjadi beon petroleum dan mulai mengeksploitasi lahan di papua yang di duga mempunyai keuntungannya diperkirakan 198 miliar dolar.  Ada agen militer indonesia yang memprofokasi kekerasan tersebut, dibawah kontrak perlindungan yang menguntungkan pihak BP (disuruh oleh BP)
20. di wasior eben mengurus untuk mengamankan wawancara yang aman dengan opm, satu dari interviewer mengaku akan membunuh militer Indonesia dan dia juga mngakui mendapatkan perbekalan pendukung dan agen rahasia dari tentara Indonesia.  Eben berhasil mengaur rumor untuk memperkuat hubungan kekerasan yang baru-baru ini terjadi di wasior untuk proyek BP.  Orang yang sama mengatakan hidupnya dalam bahaya, ingin dibunuh oleh aparat pejabat aktif militer.  Eben pengen bantu tapi ga bisa
P21: muncul jhon rumbiak seorang pembela HAM di pappua, rumbiak mengandalkan hasil penelitian eben sebagai penguat klaim yang dikasus yang di paragraph 20 agar orang2 papua percaya pada BP untuk membela HAM di papua barat
P22 : bercerita tentang eben dan rumbiak mengunjungi kantor BP yang ada London.  Eben n rumbiak tersesat ketika akan menghadiri perjanjian dengan BP yang menyebabkan mereka datang terlambat 20.
P23 : setelah tiba di kantor BP mereka bertemu dengan Byron Grote n O’Reilly (duta BP untuk Indonesia) yang pernah terlibat kontroversi BP di kolumbia antara kematian para militer dan aktifis lingkungan, eben merasa tertantang untuk melakukan penelitian tentang hal tersebut.
P24 : menceritakan apa saja yang terjadi dalam pertemuan antara Dr. Grote, Jhon O’really n Rumbiak.  Grote bilang jangan direkam karena ini sangat rahasia, tapi rumbiak gam au karena akan di ceritakan pd rakyat papua.  Rumbiak langsung bilang ke dr. grote bahwa BP telah banyak melanggar HAM.  Perjanjiannya agen militer yang bekerja ke BP di gaji sekitar 80% dan BP mengingkarinya, kalo kamu terus-terusan begini perusahan lain di papua akan mengikutii seperti bp.  Kalo kamu terus2an begini kekerrasan di papua terus terjadi.  Rumbiak ingin ada kontrak perlindungan agar tidak ada pelanggaran HAM yang dilakukakn oleh tentara yang melindungi perusahaan kalian kepada polisi Indonesia.
P25 : kata dr. grote kekerasan ga baik buat bisnis, masyarakat yang terbuka baik, mereka menciptakan lingkungan bisnis berkembang pesat.  Kami tidak melakukan kekerasan, tapi agen militer papua dan opm malah mau bekerja sama dengan kami, secara tidak langsung mereka membantu perusahan BP kami. 
Dr grote berdalih bahwa BP tidak menimbulkan kekerassan.  Saya yakin kerjasama double agen militer dengan kami akan terus berjalan.  Jika saya membatalkan kerjasama ini, perusahan yang lain ga akan mengembangkan bisnis gas seperti sekarang dan lagi mereka tidak akann menggunakan kode etik dalam berbisnis
P26 : rumbiak nyuruh eben untuk ngomong ke G n O.  eben mulai meceritakan agen militer yang melindungi BP telah banyak membunuh militer Indonesia.  Kenapa polisi indo mengusik BP? Karena polisi indo itu punya alasan mereka punya misi yang namanya operation isolate n anhiliet (operasi penyisiran dan penumpasan) untuk menumpas opm sedangkan militer yang pro opm kerja di BP.  Jadi atas kasus ini para polisi papua meminta kontrak perlindungan dari BP biar miiliter yang melindungi perusahaan mereka tidak berbuat sewenang-wenang lagi.
Argumentative essay adalah sebuah aliran penulisan yang memerlukan mahasiswa untuk menyelidiki sebuah topik, mengumpulkan, membuat, dan mengevaluasi bukti, dan membangun sebuah posisi pada topik dalam cara yang ringkas. Penetapan argumentatif secara umumnya panggilan untuk penelitian luas dari sastra atau sebelumnya diterbitkan material. Penugasan argumentatif mungkin juga memerlukan riset empiris di mana siswa mengumpulkan data melalui wawancara, survei, observasi, atau percobaan. Penelitian Terperinci memungkinkan mahasiswa untuk belajar tentang topik dan untuk memahami pandangan berbeda berkenaan dengan topik agar dia dapat memilih sebuah posisi dan dukungan dengan bukti-bukti yang dikumpulkan selama riset. Terlepas dari jumlah tersebut atau jenis penelitian terlibat, argumentatif harus mendirikan tesis yang jelas dan mengikuti suara pertimbangan.
Dalam tulisan argumentative essay anda harus meyakinkan para peserta untuk mempertimbangkan pandangan anda, Bahkan jika mereka mungkin tidak setuju dengan anda. Ini memerlukan beberapa care dan skill: anda perlu untuk menunjukkan rasa hormat untuk menentang pandangan, anda harus memilih kosa kata dengan hati-hati, dan, di atas segalanya, anda harus menulis dengan jelas dan secara logiknya (Fitzpatrick 2005). Fitzpatrick  (2005)  berpendapat,  “The  basic  unit  in  writing  is  the paragraph,  which  consists  of  two  parts:  the  main  point  or  topik  sentence  and  the support”.   Sekaitan  dengan  pendapat  Fitzpatrick  tadi,  pikiran  utama  ‘the  support sentence’  menjelaskan  pikiran  utama    ‘the  main  point  or  topik  sentence’. Fitzpatrick  (2005:13)  berpendapat,  “The  supporting  sentences  provide  the details  and  evidence  the  reader  needs  to  understand  the  main  point.”   Dalam pikiran-pikiran penjelas, disajikan informasi yang berupa rincian keterangan tentang pikiran  utama.  Dengan  informasi-informasi  tersebut,  pikiran  utama  menjadi  jelas.
Metode umum untuk menulis sebuah argumentatif esai adalah dengan pendekatan paragrap. Namun, ini tidak berarti hanya formula untuk menulis esai tersebut. Metode tersebut terdiri dari (a) sebuah pengantar paragrap (b) tiga pembuktian tubuh paragraf yang mungkin termasuk diskusi dari pandangan yang berbeda dan (c) satu kesimpulan.

Apa itu'S Expository Dictionary of Biblical Words esai?

Itu adalah sebuah 'S Expository Dictionary of Biblical Words esai-esai aliran yang memerlukan mahasiswa untuk menyelidiki sebuah gagasan, mengevaluasi bukti, menjelaskantanda pada gagasan, dan diatur sebuah perdebatan mengenai gagasan yang dalam yang jelas dan ringkas. Ini dapat dilakukan melalui perbandingan kontras dan, definisi, misalnya, analisa sebab dan akibat, dan sebagainya.
Expository ini dirancang untuk menjelaskan sebuah topik. Ia sering memberikan fakta, menjelaskan ide, atau menentukan syarat. Apakah itu memberikan arah atau menjelaskan bagaimana untuk mencapai sesuatu, sebuah 'S Expository Dictionary of Biblical Words bagian adalah membantu kerana ia menyediakan pembaca dengan wawasan yang lebih mendalam ke sasaran. Dengan ini jenis informatif menulis, gagasan ini disajikan dalam susunan tertentu sehingga pembaca dapat mengikuti penjelasan mudah." (Frances K. Hubbard and Lauren Spencer, Writing to Inform. Rosen Publishing, 2012)
Metode umum untuk menulis esai yang'S Expository Dictionary of Biblical Words adalah lima-paragraph pendekatan. Namun, ini tidak berarti hanya formula untuk menulis esai tersebut. Jika ia suara langsung, yang adalah kerana ia adalah, pada kenyataannya, metode yang terdiri dari :
1.    Sebuah pengantar paragraph 
2.    Tiga pembuktian tubuh paragraf 
3.    Kesimpulan 
Eksposisi adalah karya sastra perangkat yang digunakan untuk memperkenalkan informasi latar belakang tentang peristiwa, pengaturan, karakter dsb. untuk penonton atau para pembaca. Perkataan ini datang dari bahasa Latin dan maksud literal adalah "menunjukkan keluar." Eksposisi sangat penting untuk setiap cerita, untuk tanpa itu tidak masuk akal. 

Fungsi eksposisi

Pentingnya eksposisi di bidang sastra, serta dalam kehidupan kita praktis, tidak dapat diabaikan. Memeriksa jenis menulis kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari kita menunjukkan kepada kita bahwa hampir semua mereka tidak lengkap tanpa eksposisi. 
Buku fiksi, artikel dan majalah yang dibaca orang dalam kehidupan keseharian mereka pada dasarnya bergantung pada eksposisi untuk menghubungkan para pembaca cerita utama dengan memberikan informasi latar belakang. Pada kebanyakan kasus, narrative atau skrip kehilangan intisari jika tidak disertai dengan eksposisi. Tidak hanya penting untuk membawa kejelasan untuk sebuah skrip tetapi juga sangat penting untuk meningkatkan nilai sastra. Sejati dari sebuah buku biasanya terletak di dalam cara pembaca telah diperkenalkan untuk karakter dalam dan, jika dilakukan dengan benar, pembaca secara otomatis mulai berhubungan dengan mereka.
Lebih jauh lagi, eksposisi juga banyak digunakan untuk keperluan akademik di sekolah, college dan universitas. Secara umum, siswa diminta untuk menyerahkan laporan penelitian dan lulus ujian mereka untuk membangun kemajuan. Eksposisi di sini adalah memelihara akademisi diperbarui pada apa yang telah kamu pelajari sejauh ini. 
What to do?
  Define the topic!
Beberapa topik memerlukan definisi. Contoh : if your topic is “Should schools provide moral education?” you will have to explain what moral education is.
  Limit the topic!
Beberapa topik argumentatif  memerlukan batasan. Contoh : if your topic is “letter grades” and your thesis says “teacher should not use letter grades”, readers may wonder whether you mean “all teachers at all levels from kindergarten through college” or “just certain teachers” should not use them.
  Analyse the topic!
Sebelum anda memutuskan di atas satu sudut pandang, anda harus menganalisa masalah dengan saksama. Topik paling argumentatif harus memiliki dua sudut pandang for and against Dan dapat dinyatakan sebagai yes/no question. Contoh : Should high school students work during the school year?”
Suggestion
   Sebelum membuat keputusan terakhir anda sendiri tentang pandangan, sebuah ide yang baik untuk mengevaluasi kekuatan dan mendukung alasan anda telah tercantum.
   Alasan yang kuat adalah yang dipercayai, relevan, dan penting.
   Untuk menguji setiap alasan pada daftar, bertanya kepada diri sendiri pertanyaan ini: is it true? Is it clearly connected to my topic? Does it matter, or does it have real consequences?
The structure of the argumentative essay: the basic format
1.        Introduction
2.        Body
                   first point and supporting info
                   second point and supporting info
                   third point and supporting info                           
3.        Conclusion  
Sample of Opinion
   Opinion: HSS should work during the school year
   They can save for college.
   They can make new friends.
   They can learn responsibility.
   They may discover a career for themselves.
   Opinion: HSS should NOT work during the school year
   They  can get better grades if they do not work
   They can participate in extracurricular activities
What is next?
   Menulis tesis pernyataan!
   Tesis pernyataan dari sebuah argumentatif esai harus berisi sebuah pendapat. Pendapat ini biasanya menyatakan dengan modal kata kerja “should” atau evaluative seperti "good" dan "bad". Example :
   Teenagers should have part-time jobs.
   Part-time work is good for teenagers.
   Pernyataan yang lengkap pada tesis juga berisi alasan, atau mendukung argumen:
   Employers should hire teenagers because they are eager to work, they are flexible, and they have the knowledge and skills required to do many entry-level jobs.
   Pernyataan tesis mungkin juga berisi dalam sebuah tinjauan yang menentang, seperti :
   While some people say that teenagers do not have a good work ethic, employer should hire teenagers because they are eager to work, they are flexible, and they have the knowledge and skills required to do many entry-level jobs.
OUTLINE !
Ø  Introduction :
Land is land of Papua Indonesia. Based on history, we can see that Papua became part of the republic Indonesia (NKRI), the struggle of Indonesian government and the desire of Papua. This can be seen from PEPERA which indicates that Papuan people want to be part of the republic Indonesia. It is only fitting every element of Indonesian come together and unites in defence of the homeland. Thesis statement : We as the nation of Indonesia should keep our wealth especially Papua because many culture, language, and wealth in Papua. It has became our own nation of Indonesia.
Ø  Define the topic !
NKRI is a country that has a sense of unity in social life, each other united as fellow people in the country, to help each other as human beings may not be able to live alone in an area of the country.
PEPERA is a referendum in the west Papua region to determine the status of the western part of New Guinea, between belonging to the Dutch or Indonesia.
Ø  Main Point (Body Paragraph)
If Papua will be separate from the NKRI. It is strongly disagreeing; Papua must be maintained by NKRI because there are several things to be considered:
First point: background of Indonesian’s struggle.
Second point: government efforts to seize the western Irian.
Third point: Papua is one of Indonesian’s largest wealth
Ø  Conclusion
For that, let’s us as citizen of Indonesia should retain Papua to remain a part of NKRI. Because so much struggle to get it and also it is long process with a complicated conflict. The fihters have managed to retain a Papua, so we as a nation should not release the successor of Papua.
Jadi, dalam pandangan ini kita bisa melihat bahwa sejarah Papua Barat harus dipaparkan dan dipahami secara benar, selanjutnya harus dicari solusi atau upaya perjuangan yang harus dilakukan oleh rakyat Papua dan pendukungnya, tentu saja di dalamnya berbagai lapisan rakyat Papua. Agar tidak ada yang ingin merdeka ataupun memisahkan diri dari NKRI, Papua tidak akan pernah merdeka karena pemerintah Indonesia tetap memberikan konsesi tambang pada kapitalis maka kapitalis tidak akan mendukung Papua Merdeka dan papua tidak akan pernah merdeka dengan sepenuhnya kecuali tambang dan kekayaan itu telah habis. Dan akhirnya papua kan tetap tersandera dan tidak akan merdeka dengan sebenar-benarnya.

Comments
0 Comments

0 Comments:

Post a Comment