Sunday, May 4, 2014
Created By:
Ummi Kulsum
Exploring Argumentative Essay: Kisruhnya Tanah Air
Apa itu'S Expository Dictionary
of Biblical Words esai?
Fungsi eksposisi
#Class Review
Exploring Argumentative Essay: Kisruhnya Tanah Air
Jum’at, 25 April 2014
kembali menyapa dengan wajah baru setelah beberapa minggu tidak mengisi Class
Review. Hanya saja kita masih membahas tentang teks yang berjudul “Don’t Use
Your Data as a Pillow” by S. Eben Kirksey.
Perjalanan yang cukup menghambat dalam mata kuliah Writing 4 ini serta
detik-detik perjalanan menuju puncak dimana kita menunggu hasil akhir setelah
mengikuti perjalanan mata kuliah ini. Tak terasa begitu cepatnya proses
pembelajaran dalam Writing 4. Begitu banyak cerita suka, duka, senang, canda,
tawa serta ilmu pengetahuan yang mulai meluas secara bertahap. Setelah membahas
tentang teks tersebut betapa terkejutnya cerita tentang papua yang terkuak dan
berliku-liku. Konflik-konflik yang terjadipun sangat terencana yang disebut
sebgai “schema global”. Berikut ini beberapa data hasil yang telah didapatkan
setelah berdiskusi dengan kelompok, yaitu :
P1 : Eben menuliskan keterkesanan dia terhadap pesta yang disediakan untuk
dia oleh warga papua. Dari pesta ini eben berharap pesta ini sebagai kemajuan
dalam bersosial dengan dunia asing.
P2: : pd
tahun 1998, eben pertama kali datang ke papua dengan tujuan untuk menyelesaikan
skripsinya ketika ia masih kuliah di New college of florida. Sedangkan kedua
kalinya datang ke papua tetapi dengan tujuan yang berbeda, kedatangan eben
kedua kalinya karena eben tertarik dengan kehidupannya di papua dan konflik
yang terjadi di papua. Ketika ia datang sudah hujan dan tidak ada warga papua
yang memberikan keterangan tentang
hal itu.
P3: orang papua yang dilihat eben bukan ingin reformasi tapi ingin merdeka
dan memisahkan diri dari Indonesia, latar belakangnya banyak pembunuhan oposisi
(anti pemerintah) dari Dracula (militer indonesia) salah satu kekejamannya ada
yang ditembak mati, di tenggelamkan ke laut.
P4 : Eben datang yang kedua kalinya sudah lulus dari beberapa universitar
oxford, California dsb. Dia tertarik pd
konflik yang terjadi di Indonesia. Dunia
sudah tau bahwa pemerintah kurang care terhadap papua barat juga di dukung kasus2 pembunuhan oleh militer
Indonesia. Tidak semua tentara menyerang
papua barat, ada sebagian yang mendukung secara diam-diam.
P5:masyarakat papua ingin eben kerja sama dengan warga apua karena
menganggap eben punya keahlian dan meminta eben untuk melakukan kampanye
penelitian tentang terror yang dilakukan tni Indonesia caranya dengan
mempelajari dimensi budaya kekerasan dalam bentuk terror yang dilakukan oleh
tni kepada masyarakat papua. Eben berharap penelitiannya membantu rakyat papua
untuk meraih kebebasan.
P6:menceritakan tentang pesta dan bagaimana eben menikmati pesta
perpisahannya dengan berbincang-bincang dengan denny. ini merupakan pertemuan
pertama eben dengan waropen, seorang pakar HAM dari komisi nasional HAM. Ada
doa bersama yang dipimpin denny atas kesehatan eben
P7: latar belakang waropen yang berasal dari wasior, papua. Eben dan denny
telah datang kewasior sebelum pesta perpisahan dimulai. Kedatangan eben sama
denny sebelum pestadimulai untuk menyelidiki tni Indonesia yang pro terhadap
papua.
P8: proses eben mencari informasi di wasior. Ternyata sangat sulit karena
tentara nasional Indonesia selalu mengawasi eben sehingga tidak ada yang mau
diwawancarai. Kalau ada pun Wawancara dilakukan dimalam hari.
P9: observasi eben awalnya adalah tentang antropologi papua dan hal-hal
unik dan ciri khas yang ada di papua akan tetapi dia itu berinisiatif untuk
mewawancarai dukun yang terkenal di sunning terdekat itu. Dukun itu berbicara
tentang penyebab bencana gempa yang terjadi di jawa dan jatuhhnya pesawat
membawa militer adalah tanggung jawab mereka padahal pernyataan tersebut
merupakan bahasa halus bahwa mereka membenci Indonesia.
P10: eben belajar kepada waropen tentang perdukunan yang terjadi di papua
untuk memenuhi tugas thesisnya.
P11: pandangan eben kepada waropen bahwa waropen merupakan narasumber yang
sangat penting bagi eben dalam rangka menyelasaikan penelitiannya. Kata eben
“itu hanya sebatas data, bukan pengetahuan”. Waropen cemas karena eben tidak
mengutip sumber terpercaya.
P12: rekan informal dan mentor
menyarankan eben untuk memelihara semua sumber yang tidak diketahui namanya
dengan izin dari kelembagaan universitasnya.
P13: aninoous, yaitu sumber tanpa nama. Kekurangannya, sumbernya kurang
terpercaya.Kelebbihannya, kita bisa menjaga nama baik narasumber dan penulis
dan itu merupakan strategi menjaga kutipan tanpa nama biar legal.
P14: eben kekeh agar tidak menyebutkan sumbernya. Dan waropen kekeh harus
menyebutkan sumbernya.
P15: waropen bilang “ don’t use your data as a pillow”, jangan menggunakan
data sebagai jembatan untuk kembali ke amerika.
P16: pada kenyatannya waropen mempropokasi eben untuck menjadi seorang ahli
yang dapat diandalkan (seseorang yang mengetahui hal yang pasti dan dapat
dipertanggungjawabkan)
P17: waropen memberikan tantangan kepada eben untuk menjadi seseorang yang
lebih baik dan untuk mengetahui tentang permasalahan-permasalahan yang terjadi
dengan baik, dengan data-data dan mendorong eben untuk menerjemahkan suatu
pengetahuan yang belum mereka ketahui kedalam bentuk tulisan.
P18: eben udah nulis data tapi waropen menolak data eben. Itu membuat eben
berfikir agar dia bisa menulis bukan hanya tulisan dan bagaimana dia bisa
membawa pengetahuan yang dia dapatkan dari papua untuk mempublikasikan karyanya
ke dunia luar.
P19: saat eben dan denny meneliti keterhubungan antara british petrolium dengan kerusuhan yang
terjadi di papua. Britis petroleum menghabiskan 100 juta euro untuk
membersihkan citra dirinya mengubah nama menjadi beon petroleum dan mulai
mengeksploitasi lahan di papua yang di duga mempunyai keuntungannya
diperkirakan 198 miliar dolar. Ada agen
militer indonesia yang memprofokasi kekerasan tersebut, dibawah kontrak
perlindungan yang menguntungkan pihak BP (disuruh oleh BP)
20. di wasior eben mengurus untuk mengamankan wawancara yang aman dengan
opm, satu dari interviewer mengaku akan membunuh militer Indonesia dan dia juga
mngakui mendapatkan perbekalan pendukung dan agen rahasia dari tentara
Indonesia. Eben berhasil mengaur rumor
untuk memperkuat hubungan kekerasan yang baru-baru ini terjadi di wasior untuk
proyek BP. Orang yang sama mengatakan
hidupnya dalam bahaya, ingin dibunuh oleh aparat pejabat aktif militer. Eben pengen bantu tapi ga bisa
P21: muncul jhon rumbiak seorang pembela HAM di pappua, rumbiak
mengandalkan hasil penelitian eben sebagai penguat klaim yang dikasus yang di
paragraph 20 agar orang2 papua percaya pada BP untuk membela HAM di papua barat
P22 : bercerita tentang eben dan rumbiak mengunjungi kantor BP yang ada
London. Eben n rumbiak tersesat ketika
akan menghadiri perjanjian dengan BP yang menyebabkan mereka datang terlambat
20.
P23 : setelah tiba di kantor BP mereka bertemu dengan Byron Grote n
O’Reilly (duta BP untuk Indonesia) yang pernah terlibat kontroversi BP di
kolumbia antara kematian para militer dan aktifis lingkungan, eben merasa
tertantang untuk melakukan penelitian tentang hal tersebut.
P24 : menceritakan apa saja yang terjadi dalam pertemuan antara Dr. Grote,
Jhon O’really n Rumbiak. Grote bilang
jangan direkam karena ini sangat rahasia, tapi rumbiak gam au karena akan di
ceritakan pd rakyat papua. Rumbiak
langsung bilang ke dr. grote bahwa BP telah banyak melanggar HAM. Perjanjiannya agen militer yang bekerja ke BP
di gaji sekitar 80% dan BP mengingkarinya, kalo kamu terus-terusan begini
perusahan lain di papua akan mengikutii seperti bp. Kalo kamu terus2an begini kekerrasan di papua
terus terjadi. Rumbiak ingin ada kontrak
perlindungan agar tidak ada pelanggaran HAM yang dilakukakn oleh tentara yang
melindungi perusahaan kalian kepada polisi Indonesia.
P25 : kata dr. grote kekerasan ga baik buat bisnis, masyarakat yang terbuka
baik, mereka menciptakan lingkungan bisnis berkembang pesat. Kami tidak melakukan kekerasan, tapi agen
militer papua dan opm malah mau bekerja sama dengan kami, secara tidak langsung
mereka membantu perusahan BP kami.
Dr grote berdalih bahwa BP tidak menimbulkan kekerassan. Saya yakin kerjasama double agen militer
dengan kami akan terus berjalan. Jika
saya membatalkan kerjasama ini, perusahan yang lain ga akan mengembangkan
bisnis gas seperti sekarang dan lagi mereka tidak akann menggunakan kode etik
dalam berbisnis
P26 : rumbiak nyuruh eben untuk ngomong ke G n O. eben mulai meceritakan agen militer yang
melindungi BP telah banyak membunuh militer Indonesia. Kenapa polisi indo mengusik BP? Karena polisi
indo itu punya alasan mereka punya misi yang namanya operation isolate n
anhiliet (operasi penyisiran dan penumpasan) untuk menumpas opm sedangkan
militer yang pro opm kerja di BP. Jadi
atas kasus ini para polisi papua meminta kontrak perlindungan dari BP biar
miiliter yang melindungi perusahaan mereka tidak berbuat sewenang-wenang lagi.
Argumentative essay
adalah sebuah aliran penulisan yang memerlukan mahasiswa untuk menyelidiki
sebuah topik, mengumpulkan, membuat, dan mengevaluasi bukti, dan membangun
sebuah posisi pada topik dalam cara yang ringkas. Penetapan argumentatif secara umumnya panggilan untuk penelitian luas dari
sastra atau sebelumnya diterbitkan material. Penugasan argumentatif mungkin
juga memerlukan riset empiris di mana siswa mengumpulkan data melalui
wawancara, survei, observasi, atau percobaan. Penelitian Terperinci
memungkinkan mahasiswa untuk belajar tentang topik dan untuk memahami pandangan
berbeda berkenaan dengan topik agar dia dapat memilih sebuah posisi dan
dukungan dengan bukti-bukti yang dikumpulkan selama riset. Terlepas dari jumlah
tersebut atau jenis penelitian terlibat, argumentatif harus mendirikan tesis
yang jelas dan mengikuti suara pertimbangan.
Dalam tulisan argumentative
essay anda harus meyakinkan para peserta untuk mempertimbangkan pandangan
anda, Bahkan jika mereka mungkin tidak setuju dengan anda. Ini
memerlukan beberapa care dan skill: anda perlu untuk menunjukkan rasa hormat
untuk menentang pandangan, anda harus memilih kosa kata dengan hati-hati, dan,
di atas segalanya, anda harus menulis dengan jelas dan secara logiknya (Fitzpatrick 2005). Fitzpatrick (2005)
berpendapat, “The
basic unit in
writing is the paragraph, which
consists of two
parts: the main
point or topik
sentence and the support”. Sekaitan
dengan pendapat Fitzpatrick
tadi, pikiran utama
‘the support sentence’ menjelaskan
pikiran utama ‘the
main point or
topik sentence’. Fitzpatrick
(2005:13) berpendapat, “The
supporting sentences provide
the details and evidence
the reader needs
to understand the
main point.” Dalam pikiran-pikiran penjelas, disajikan
informasi yang berupa rincian keterangan tentang pikiran utama.
Dengan informasi-informasi tersebut,
pikiran utama menjadi
jelas.
Metode umum untuk
menulis sebuah argumentatif esai adalah dengan pendekatan paragrap. Namun, ini
tidak berarti hanya formula untuk menulis esai tersebut. Metode tersebut terdiri
dari (a) sebuah pengantar paragrap (b) tiga pembuktian tubuh paragraf yang
mungkin termasuk diskusi dari pandangan yang berbeda dan (c) satu kesimpulan.
Apa itu'S Expository Dictionary
of Biblical Words esai?
Itu adalah
sebuah 'S Expository Dictionary of Biblical Words esai-esai aliran yang
memerlukan mahasiswa untuk menyelidiki sebuah gagasan, mengevaluasi bukti,
menjelaskantanda pada gagasan, dan diatur sebuah perdebatan
mengenai gagasan yang dalam yang jelas dan ringkas. Ini dapat dilakukan
melalui perbandingan kontras dan, definisi, misalnya, analisa sebab dan akibat,
dan sebagainya.
Expository ini dirancang untuk menjelaskan sebuah topik. Ia sering
memberikan fakta, menjelaskan ide, atau menentukan syarat. Apakah itu
memberikan arah atau menjelaskan bagaimana untuk mencapai sesuatu, sebuah 'S
Expository Dictionary of Biblical Words bagian adalah membantu kerana ia
menyediakan pembaca dengan wawasan yang lebih mendalam ke sasaran. Dengan ini
jenis informatif menulis, gagasan ini disajikan dalam susunan tertentu sehingga
pembaca dapat mengikuti penjelasan mudah." (Frances K. Hubbard
and Lauren Spencer, Writing to Inform. Rosen Publishing, 2012)
Metode umum untuk menulis
esai yang'S Expository Dictionary of Biblical Words adalah lima-paragraph
pendekatan. Namun, ini tidak berarti hanya formula untuk menulis esai tersebut.
Jika ia suara langsung, yang adalah kerana ia adalah, pada kenyataannya, metode
yang terdiri dari :
1.
Sebuah
pengantar paragraph
2.
Tiga
pembuktian tubuh paragraf
3.
Kesimpulan
Eksposisi adalah karya sastra perangkat yang digunakan untuk
memperkenalkan informasi latar belakang tentang peristiwa, pengaturan, karakter
dsb. untuk penonton atau para pembaca. Perkataan ini datang dari bahasa Latin
dan maksud literal adalah "menunjukkan keluar." Eksposisi sangat
penting untuk setiap cerita, untuk tanpa itu tidak masuk akal.
Fungsi eksposisi
Pentingnya eksposisi di bidang sastra, serta dalam kehidupan kita
praktis, tidak dapat diabaikan. Memeriksa jenis menulis kita jumpai di dalam
kehidupan sehari-hari kita menunjukkan kepada kita bahwa hampir semua mereka
tidak lengkap tanpa eksposisi.
Buku fiksi, artikel dan majalah yang dibaca orang dalam kehidupan
keseharian mereka pada dasarnya bergantung pada eksposisi untuk menghubungkan
para pembaca cerita utama dengan memberikan informasi latar belakang. Pada
kebanyakan kasus, narrative atau
skrip kehilangan intisari jika tidak disertai dengan eksposisi. Tidak hanya
penting untuk membawa kejelasan untuk sebuah skrip tetapi juga sangat penting
untuk meningkatkan nilai sastra. Sejati dari sebuah buku biasanya terletak di
dalam cara pembaca telah diperkenalkan untuk karakter dalam dan, jika dilakukan
dengan benar, pembaca secara otomatis mulai berhubungan dengan mereka.
Lebih jauh lagi, eksposisi juga banyak digunakan untuk keperluan
akademik di sekolah, college dan universitas. Secara umum, siswa diminta untuk
menyerahkan laporan penelitian dan lulus ujian mereka untuk membangun kemajuan.
Eksposisi di sini adalah memelihara akademisi diperbarui pada apa yang telah
kamu pelajari sejauh ini.
What to do?
Define the topic!
Beberapa
topik memerlukan definisi. Contoh : if your topic is “Should schools provide moral education?” you will have
to explain what moral education is.
Limit the topic!
Beberapa
topik argumentatif memerlukan batasan.
Contoh : if your topic is
“letter grades” and your thesis says “teacher should not use letter grades”,
readers may wonder whether you mean “all teachers at all levels from
kindergarten through college” or “just certain teachers” should not use them.
Analyse the topic!
Sebelum
anda memutuskan di atas satu sudut pandang, anda harus menganalisa masalah
dengan saksama. Topik paling argumentatif harus memiliki dua sudut pandang – for and against – Dan dapat
dinyatakan sebagai yes/no question.
Contoh : “Should
high school students work during the school year?”
Suggestion
Sebelum membuat keputusan terakhir anda
sendiri tentang pandangan, sebuah ide yang baik untuk mengevaluasi kekuatan dan
mendukung alasan anda telah tercantum.
Alasan yang kuat adalah yang dipercayai,
relevan, dan penting.
Untuk menguji setiap alasan pada daftar,
bertanya kepada diri sendiri pertanyaan ini: is it true? Is it clearly connected to my topic? Does
it matter, or does it have real consequences?
The structure of the argumentative essay: the basic
format
1.
Introduction
2.
Body
first point and supporting
info
second point and supporting
info
third point and supporting
info
3.
Conclusion
Sample of Opinion
Opinion: HSS should work during the school
year
They can save for college.
They can make new friends.
They can learn responsibility.
They may discover a career for themselves.
Opinion: HSS should NOT work during the
school year
They
can get better grades if they do not work
They can participate in extracurricular
activities
What is next?
Menulis tesis pernyataan!
Tesis pernyataan dari sebuah argumentatif
esai harus berisi sebuah pendapat. Pendapat ini biasanya menyatakan dengan
modal kata kerja “should” atau
evaluative seperti "good" dan "bad". Example :
Teenagers should have part-time jobs.
Part-time work is good for teenagers.
Pernyataan yang lengkap pada tesis juga
berisi alasan, atau mendukung argumen:
Employers should hire teenagers because they are eager to
work, they are flexible, and they have the knowledge and skills required to do
many entry-level jobs.
Pernyataan tesis mungkin juga berisi dalam
sebuah tinjauan yang menentang, seperti :
While some people say that teenagers do not have a good
work ethic, employer should hire teenagers because they are eager to work, they
are flexible, and they have the knowledge and skills required to do many
entry-level jobs.
OUTLINE !
Ø Introduction :
Land is land of Papua Indonesia. Based on
history, we can see that Papua became part of the republic Indonesia (NKRI),
the struggle of Indonesian government and the desire of Papua. This can be seen
from PEPERA which indicates that Papuan people want to be part of the republic
Indonesia. It is only fitting every element of Indonesian come together and
unites in defence of the homeland. Thesis statement : We as the nation of
Indonesia should keep our wealth especially Papua because many culture,
language, and wealth in Papua. It has became our own nation of Indonesia.
Ø Define the topic !
NKRI
is a country that has a sense of unity in social life, each other united as
fellow people in the country, to help each other as human beings may not be
able to live alone in an area of the country.
PEPERA
is a referendum in the west Papua region to determine the status of the western
part of
New Guinea, between belonging to the Dutch or Indonesia.
Ø Main Point (Body Paragraph)
If
Papua will be separate
from the NKRI. It is strongly disagreeing; Papua must be maintained by NKRI
because there are several things to be considered:
First
point: background of Indonesian’s struggle.
Second
point: government
efforts to seize the western Irian.
Third
point: Papua is one of Indonesian’s largest wealth
Ø Conclusion
For that, let’s us as citizen of
Indonesia should retain Papua to remain a part of NKRI. Because so much
struggle to get it and also it is long process with a complicated conflict. The
fihters have managed to retain a Papua, so we as a nation should not release
the successor of Papua.
Jadi,
dalam pandangan ini kita bisa melihat bahwa sejarah Papua Barat harus
dipaparkan dan dipahami secara benar, selanjutnya harus dicari solusi atau
upaya perjuangan yang harus dilakukan oleh rakyat Papua dan pendukungnya, tentu
saja di dalamnya berbagai lapisan rakyat Papua. Agar tidak ada yang ingin merdeka
ataupun memisahkan diri dari NKRI, Papua tidak akan pernah merdeka karena pemerintah Indonesia tetap memberikan
konsesi tambang pada kapitalis maka kapitalis tidak akan mendukung Papua
Merdeka dan papua tidak akan pernah merdeka dengan sepenuhnya kecuali tambang
dan kekayaan itu telah habis. Dan akhirnya papua kan tetap tersandera dan tidak
akan merdeka dengan sebenar-benarnya.


Subscribe to:
Post Comments (Atom)