Sunday, May 4, 2014
Created By:
Lili Sulaihah
Name: Lili Sulaihah
Class: PBI-D 4th Semester
“Class Review 9”
ARGUMENTATIVE ESSAY
Alhamdulillah pada tanggal 25 April 2014 dapat belajar lagi seperti
biasanya., yang mana sudah tiga kali pertemuan break terlebih dahulu. Pada
pertemuan hari itu Mr.Lala mengatakan bahwa kita adalah sebagai “Quality
Reader”. Kemudian pada pertemuan tersebut Mr.Lala menanyakan ke beberapa
mahasiswa kelas PBI-D tentang Papua secara history itu seperti apa.? Kemudian
beberapa mahasswa mengajukan pertanyaan kepada Mr.Lala tentag yang terkait pada
artikel S. Eben Kirksey.
Kemudian pembahasan selanjutnya adalah tentang mengenai
argumentative essay, yang mana sebelum Mr.Lala membahas lebih jauh tentag
argumentative essay, Mr.Lala menuliskan apa sih bedanya antara Expository—Exposition—Argumentation.?
Namun, dalam penjelasan ini lebih ke penjelasan Argumentative essay.
Mr.Lala
mengatakan bahwa Expository itu mengasilkan sebuah—informing. Kemudian
Expository sendiri menghasilkan sebuah—informing kemudian—point of
view (sudut pandang). Sementara Argumentation (Data – driven –
DEEP RESEARCH) yaitu menjelaskan sebuah fakta dan data yang di terima
berasarkan Deep Research (harus deep reading dan deep discussion). Argumentative essay itu lebih menekankan pada opinion
penulis yang secara mendalam.
v Ekspositoy Essay
Menulis Ekspositori adalah
jenis tulisan yang digunakan untuk menjelaskan, mendeskripsikan, memberikan
informasi, atau menginformasikan. Teks ini diselenggarakan sekitar satu topik
dan dikembangkan sesuai dengan pola atau kombinasi pola. Tujuan dari esai ekspositori adalah untuk
menjelaskan topik secara logis dan mudah. Struktur Ekspository Essay: Biasanya,
esai ekspositori terdiri dari lima paragraf. Pengantar paragraf berisi tesis
atau gagasan utama. Tiga paragraf berikutnya, atau tubuh esai, memberikan
rincian dalam mendukung tesis. Paragraf penutup menyatakan kembali gagasan
utama dan mengikat bersama-sama poin utama dari essay. Berikut adalah tips esai ekspositori untuk
setiap bagian dari struktur esai dan menulis proses :
1)
Pra penulisan
untuk Ekspository Essay
Pada fase pra penulisan menulis esai ekspositori, siswa harus
meluangkan waktu untuk melakukan brainstorming tentang topik dan gagasan utama.
Selanjutnya, melakukan penelitian dan mencatat. Buat garis yang menunjukkan
informasi yang akan disajikan dalam setiap paragraf, diatur dalam urutan logis.
2)
Penyusunan
Ekspository Essay
Ketika membuat draft awal dari esai ekspositori, mempertimbangkan saran-saran
berikut:
Kalimat yang
paling penting dalam paragraf pengantar adalah kalimat topik, yang menyatakan tesis
atau gagasan utama esai. Tesis ini harus dinyatakan dengan jelas tanpa
memberikan pendapat atau mengambil posisi. Sebuah tesis yang baik didefinisikan
dengan baik, dengan ruang lingkup dikelola yang dapat ditangani dalam esai lima
paragraf.
Masing-masing
dari tiga paragraf tubuh harus mencakup titik terpisah yang mengembangkan tesis
esai. Kalimat-kalimat dari setiap paragraf harus menawarkan fakta dan
contoh-contoh untuk mendukung topik paragraf itu.
Paragraf
penutup harus memperkuat tesis dan mendukung gagasan utama. Jangan memperkenalkan
materi baru dalam kesimpulan.
Ekspository
essay membahas suatu peristiwa, situasi, atau pandangan orang lain, dan bukan
pengalaman pribadi, siswa harus menulis sebagai orang ketiga (" dia,"
" dia , " atau " itu
" ), dan menghindari " I " atau " Anda " kalimat.
v Eksposition Essay
Exposisi
merupakan penulisan persuasif yang mengarahkan adanya pandanan atau opini
mengenai suatu hal. Artiya, seseorang penulis tidak hanya memberikan informasi
saja, melainkan ia juga harus mengekspresikan opininya denan disertai data-data
yang mendukung opini tersebut.
v Argumentative Essay
Argumentative
Essay adalah sebuah penulisan yang
mengharuskan siswa untuk menyelidiki topik; mengumpulkan, menghasilkan, dan
mengevaluasi bukti; dan membangun posisi pada topik secara ringkas.
Catatan: Beberapa kebingungan mungkin terjadi antara
argumentative essay dan ekspository essay. Kedua genre serupa, tetapi argumentative essay berbeda dari ekspository
essay dalam jumlah pra - menulis (penemuan) dan penelitian yang terlibat. Argumentative umumnya ditugaskan sebagai batu
penjuru atau tugas akhir secara tertulis tahun pertama atau kursus komposisi
maju dan melibatkan panjang, penelitian rinci.
Ekspository essay melibatkan penelitian kurang dan lebih pendek panjang.
Ekspository essay sering digunakan untuk latihan menulis di kelas atau tes.
Dalam argumentative essay kita harus membujuk para audiens atau
pembaca untuk mempertimbangkan sudut pandang kita. Jika mereka mungkin tidak setuju dengan kita,
maka kita perlu menunjukkan rasa hormat karena menentang sudut pandang, kita harus
memilih kosa kata dengan hati-hati, serta kita harus menulis dengan jelas dan
logis. (Fitzpatrick: 2005)
Yang harus diakukan dalam pemuatan Argumentative essay adalah:
1. Tentukan Topik
Beberapa topik memerlukan definisi. Misalnya, jika topik Anda
adalah "Haruskah sekolah memberikan pendidikan moral ? " Anda harus
menjelaskan apa pendidikan moral .
2. Batasi Topik
Beberapa
topik argumentatif perlu di batasi. Misalnya, jika topik Anda adalah "
surat nilai " dan tesis Anda mengatakan " guru tidak harus menggunakan
huruf nilai"
3. Analisis Topik
Sebelum
kita memutuskan sudut pandang, kita harus menganalisis masalah secara
menyeluruh . Topik yang paling argumentatif memiliki dua sudut pandang - bagi
dan melawan - dan dapat dinyatakan sebagai ya / tidak pertanyaan, seperti
"Haruskah siswa SMA bekerja selama tahun sekolah ?" Dalam analisis
topik itu biasanya terdapat opini, pendapat dan saran.
4. Tulis
Pernyataan Tesis
Pernyataan tesis dari sebuah esai argumentatif
harus berisi pendapat. Pendapat biasanya dinyatakan dengan kata kerja modal
" harus" atau evaluatif seperti " baik" dan "buruk
" .
Adapun, the structure of the
argumentative essay: the basic format
1. Introduction
2. Body
first
point and supporting info
second
point and supporting info
third
point and supporting info
3. Conclusion
Jadi, Argumetatif essay itu berangkat dari:
Opinion (fakta,
informasi, data)--- Argumentation--- Persuation.
Dalam isi argumentation berisi thesis statement, yaitu
berupa Opinion + Reason. Thesis statement ini adalah upaya penulis untuk
meyainkan pembaca dengan sudut pandang kita dalam sebuah pernyataan thesis
statement argumentative. Denan pernyataan ini kita tidakhanya memberi tahu
pembaca tentang apa yang kita pikirkan tentang suatu masalah, tetapi kita juga
memberikan kesempatan kepada pembaca agar tahu apa yangakan di buktikan dalam
membahas suatu masalah.
Keep Papua Unite with NKRI
Introduction:
Why West Papua should be part of the Homeland?
The Republic of Indonesia Republic of Indonesia)
is one of the main foundation of four pillars of nation and state formation
that underlies this beloved country is the Republic of Indonesia. Republic of
Indonesia is a country that is formed over various ethnicity, language,
religion, race, and ethnic groups spread from Sabang to Merauke. So it is the
duty together as citizens to come together and unite in defense of the
Homeland. However, the diversity affect the potential for some conflict, so
that the State of West Papua want to separate themselves from the Homeland.
Because, it can be seen from several reasons suc as history, education,
economy, and culture.
Body:
First, the reason history : the Free Papua Movement
( OPM ). The organization continues to make efforts to separate Papua from the
Homeland by armed terrorist acts against government, military / police and
civil society and indigenous. This is what actually led to the settlement of
separatism in Papua and West Papua simultaneously and intensively with the
government's continued focus on improving the security and order conditions
involving the military / police who then used by OPM to provoke a military /
police in Papua perform actions violate human rights, which in fact is
conditioned by the OPM itself to form an opinion on the Papuan people and the
world in order to get sympathy and financial support as well as enhancing its
existence.
Second, the reason education : For the umpteenth time
the Papuan people to reject the Homeland volatile ( Republic of Indonesia ).
Most of the indigenous people of Papua was not getting much benefit by joining
the Homeland half a century after joining, their lives remain behind. Central
Statistics Agency ( BPS ) of Papua in 2010, found that about 80 percent of
indigenous people live in backwardness, poor, and very behind in education.
Poor houseolds rached 83.04 percent.
Third, economic reasons : Citizens of Papua in the
economy was left behind, because all resources utilized by foreigners, but
citizens of Papua yourself getting slightly. So the economic problems that led
to loss of revenue from natural resources in West Papua. Examples such, the
exploitation of natural resources in Papua ongoing but the condition of the
people of Papua remains neglected even forgotten that they are in a position to
make very poor.
Fourth, cultural reasons : Culture population or
community culture in New Guinea can be said to be diverse, some tribal cultures
have a fairly high and admirable that the tribes on the South Coast of Irian is
now better known as the tribe " ASMAT " ethnic group is famous for
having greatness in terms of sculpture and dance. Culture Irian diverse ppulation that can be
marked by a number of local languages, especiall in West Irian.
Conculsion:
The Republic of Indonesiahas a diversity of ethnicity, language, religion, race, and ethnicity. So it is only fitting the State of West Papua in order not to separate themselves from the Homeland. However unite to defend the Homeland.
The Republic of Indonesiahas a diversity of ethnicity, language, religion, race, and ethnicity. So it is only fitting the State of West Papua in order not to separate themselves from the Homeland. However unite to defend the Homeland.
Referensi:
Ø http://www.time4writing.com/writing-resources/expository-essay/
Ø
http://www.indonesia.travel/id/discover-indonesia/region-detail/51/papua-barat
Ø
http://yerino-germanis.blogspot.com/2012/04/papua-barat-ragaman-budaya-ragaman.html
0 Comments
Subscribe to:
Post Comments (Atom)