Saturday, March 1, 2014
Created By:
Aam Amaliah
Third
Class Review
Praktek Literasi di Kelas
Writing
Hangat, dan
mulai memanas. Kini telah terlewati tiga
pertemuan, tak terasa pembelajaran mata kuliah ini telah menuju pertemuan
keempat. Pembahasan Mr. Lala-pun semakin mendalam. Mulai jum’at 21 Februari 2014 kemarin, dan
lebih lagi tingkat literasinnya. Lebih
mengekspolere diri! Memang semuanya baru
pemula dalam menulis, tapi semuanya harus “ahli dan berliterasi tinggi”. Exploring “Nothing but Literacy Engineering”
itulah judul materi pembelajaran Jum’at kemarin.
“Education
is the filling of a pail, but the lighting of fire.”
William
Butter Yeats
Tugas chapter
review, appetizer essay yang telah dikerjakan kemarin hanyalah sebuah
pmbuka. Seperti apa yang dikatakan Mr. Lala “apa yang kalian kerjakan sebelumnya
masih sebuah appetizer, inti dari semuanya baru akan dimulai sekarang”
Wow!!!! Lembaran-lembaran
tugas-tugas di minggu pertama hingga minggu ketiga masih belum ada
apa-apanya. Hanya untuk melihat
“Endurance” semua mahasiswa, katanya.
Endurance yang kita miliki sampai dengan pertemuan ketiga ini merupakan
tolak ukur apakah fokus kita sudah kuat atau belum, dan mampu untuk melanjutkan
mata kuliah ini taukah tidak.
Pada hari jum’at
kemarin seperti biasa, sebelum masuk ke inti pemebelajaran, Mr.Lala memeriksa
tugas yang telah dikerjakan oleh semua mahasiswanya. Tugas-tugas class review
dan juga chapter review dari salah satu sub-bab buku karya Prof. Chaedar Alwasilah “Pokoknya Rekayasa Literasi
yang berjudul “Rekayasa Literasi”. Saat pengecekan,
Mr. Lala mengajukan beberapa pertanyaan seputar materi di minggu sebelumnya
atau isi tulisan karya Prof Chaedar yang telah di review semua mahasiswa. Dan dari semua pertanyaan yang diajukan ada
salah satu pertanyaan yang masih belum terjawab, yakni seperti apa teks
semiotik itu?
Berbicara
tentang “teks”, Lehtonen dalam bukunya berjudul “The Cultural Analysis of Texts”
membagi teks menjadi dua, yakni :
a. Teks
sebagai mahluk fisik
Berkenaan
dengan sisi fisik mereka dapat kita simpulkan bahwa teks adalah “artefak
comunicative”, dengan kata lain, instrumen komunikasi yang diproduksi manusia. Sebagai
artefak, teks telah dihasilkan melalui bantuan dari berbagai teknologi.
Bentuk-bentuk materi teks mencerminkan sifat tersebut. Teknologi awal yang
bertujuan untuk memproduksi teks ditulis yang melalui kapak dan pisau, dengan
tanda-tanda yang terukir di kayu atau batu. Alat seperti itu tidak bisa untuk
menghasilkan teks pada skala besar , baik dari segi panjang atau dalam jumlah.
Penggunaan bulu dan perkamen dalam waktu menciptakan jenis baru dari artefak
(gulungan panjang ), serta gaya penulisan yang berbeda. Kemudian, teknik cetak
melahirkan generasi baru buku yang berbeda dari yang sebelumnya. Inilah yang kemudian memungkinkan untuk
menghasilkan volume tak terhitung dari panjang teks. Teknologi yang lebih baru,
perpustakaan melestarikan teks pada mikrofilm . Mail elektronik teks yang
dihasilkan oleh keyboard komputer, dan terlihat pada monitor dan ditampilkan.
The Oxford English Kamus dan pekerjaan dikumpulkan dari William Shakespeare
yang tersedia dalam bentuk CD -ROM dan Encyclopaedia Britannica dapat dibaca di
internet .
b. Teks
sebagai mahluk semiotic
Teks
ini terorganisir dan ada kombinasi simbol relatif padat yang tampaknya agak
jelas. Dalam segala bentuknya, teks ditandai dengan tiga ciri, materialitas,
hubungan formal dan kebermaknaan. Yaitu
:
1.
Tanda-tanda teks adalah fisik dan material. Keberadaan fisik dan sensual pengartian selalu
memiliki basis material, baik itu granit yang digunakan dalam patung atau
gelombang udara yang dipancarkan selama tindakan berbicara.
2.
Hubungan formal antara tanda-tanda yang terkandung dalam
teks. Tanda-tanda yang diposisikan dalam hubungan temporal dan lokal tertentu
dengan tanda-tanda lain, di mana mereka membentuk unit terorganisir yang
berbeda pada tingkat hirarki yang berbeda, seperti ; huruf, kata,
kalimat atau seluruh teks.
3.
Tanda-tanda memiliki makna semantik. Mereka mengacu pada sesuatu di luar dirinya, apakah itu lingkup
alam atau budaya, atau apakah non-tekstual atau tekstual fenomena. Sebuah karya musik pop, misalnya, bekerja pada semua
tiga tingkatan: melalui energi suara yang dikandungnya, melalui
bentuk musik itu mencakup dan melalui makna itu berarti. Semua ini terhubung,
tetapi untuk tujuan analisis, mereka juga dapat sementara diperiksa secara terpisah.
Gagasan bahwa materialitas, hubungan formal dan kebermaknaan
semua terhubung satu sama lain mengingatkan fakta bahwa sebagai semiotik
makhluk (dalam kebermaknaan mereka), teks-teks tidak 'alami' tetapi diproduksi oleh usaha tapi dibuat. Sering, teks - novel dan serial TV contoh –nya dibaca seolah-olah mereka 'jendela pada dunia', atau seolah-olah mereka
sendiri menghasilkan beberapa 'dunia imajiner'. Dalam hal ini, perhatian terbayar
untuk hal-hal seperti tema teks atau karakter mereka. Fakta bahwa teks
tidak meniru realitas, tetapi sebaliknya, secara tekstual memproduksinya tetap diperhatikan. Dalam rangka untuk mendapatkan pegangan pada ini 'produktivitas semiotik' teks. Menurut Saussure, tanda linguistik dapat dibagi analitis menjadi dua bagian yang tidak terpisahkan: penanda dan signified. Referensi tanda yaitu, tanda yang mengacu pada itu, tetap berada di luar dari dua:
Tanda linguistik kemudian entitas psikologis dua sisi yang dapat digambarkan jika signifier dan signified itu sebuah lingkaran maka keduanya memiliki prso yang sama dari lingkaran tersebut. Kedua elemen sangat erat bersatu , dan masing-masing mengingat yang lain .
semua terhubung satu sama lain mengingatkan fakta bahwa sebagai semiotik
makhluk (dalam kebermaknaan mereka), teks-teks tidak 'alami' tetapi diproduksi oleh usaha tapi dibuat. Sering, teks - novel dan serial TV contoh –nya dibaca seolah-olah mereka 'jendela pada dunia', atau seolah-olah mereka
sendiri menghasilkan beberapa 'dunia imajiner'. Dalam hal ini, perhatian terbayar
untuk hal-hal seperti tema teks atau karakter mereka. Fakta bahwa teks
tidak meniru realitas, tetapi sebaliknya, secara tekstual memproduksinya tetap diperhatikan. Dalam rangka untuk mendapatkan pegangan pada ini 'produktivitas semiotik' teks. Menurut Saussure, tanda linguistik dapat dibagi analitis menjadi dua bagian yang tidak terpisahkan: penanda dan signified. Referensi tanda yaitu, tanda yang mengacu pada itu, tetap berada di luar dari dua:
Tanda linguistik kemudian entitas psikologis dua sisi yang dapat digambarkan jika signifier dan signified itu sebuah lingkaran maka keduanya memiliki prso yang sama dari lingkaran tersebut. Kedua elemen sangat erat bersatu , dan masing-masing mengingat yang lain .
Di
satu sisi, tanda menurut Saussure adalah sewenang-wenang, mengacu pada
masyarakat dan orang-orang practicsing aktivitas linguistik. Namun, di
Sebaliknya, 'satu-satunya objek nyata linguistik adalah normal, hidup teratur
idiom yang ada'. Dalam kesewenang-wenangan mereka , tanda-tanda yang relatif stabil, yang meninggalkan sedikit ruang untuk kontribusi dari orang-orang yang berlatih aktivitas linguistik.
masyarakat dan orang-orang practicsing aktivitas linguistik. Namun, di
Sebaliknya, 'satu-satunya objek nyata linguistik adalah normal, hidup teratur
idiom yang ada'. Dalam kesewenang-wenangan mereka , tanda-tanda yang relatif stabil, yang meninggalkan sedikit ruang untuk kontribusi dari orang-orang yang berlatih aktivitas linguistik.
Setelah
selesai mengecek, Mr. Lala menjelaskan sedikit tentang “Rekayasa Literasi”
menurut Prof. Chaedar sebagian
diantaranya yaitu:
·
Definisi baru literasi
terus menjamur sesuai dengan tuntutan “zaman edan” sehingga tuntutan mengenai
perubahan pengajaran pun tidak bisa dihindari
Model
literasi ala Freebody and Luke (2003): breaking the codes of texts;
participating in the meanings of text; using texts functionally; critically
analysing and transforming texts.
Prof.
Alwasilah meringkas lima ayat di atas menjadi: memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, mentransformasi.
Rujukan
literasi terus berevolusi, sedangkan rujukan linguistik relatif konstan. Studi literasi tumpang tindih (overlapping)
dengan objek studi budaya (cultural studies) dengan dimensinya yang luas.
Pendidikan
yang berkualitas tinggi PASTI menghasilkan literasi berkualitas tinggi pula,
dna juga sebaliknya.
Reading, writing, arithmetic, and reasoning
= modal hidup
Orang
multiliterat mampu berinteraksi dalam berbagai situasi
Pengajaran
bahasa harus mengajarkan keterampilan berpikir kritis
Ujung
tombak pendidikan literasi adalah GURU dengan fitur: komitmen profesional,
komitmen etis, strategi analitis dan reflektif, efikasi diri, pengetahuan
bidang studi, dan keterampilan literasi dan numerasi (Cole dan Chan 1994
dikutip dari Alwasilah 2012)
Rekayasa
literasi adalah upaya yang disengaja dan sistematis untuk menjadikan manusia
terdidik dan berbudaya lewat penguasaan bahasa secara optimal. Penguasaan bahasa adalah pintu masuk menuju
ke pendidikan dan pembudayaan.
Empat
dimensi rekayasa literasi: linguistik, kognitif, sosiokultural, dan
perkembangan
Rekayasa
literasi = merekayasa pengajaran membaca dan menulis dalam empat dimensi
tersebut.
Apa
yang telah dikejakan semua mahasiswa di kelas pada bisa dikatakan juga
merupakan usaha untuk merekayasa literasi, jika melakukan hal berikut :
a. Read
to high repetition
b. Merespond
Teks
-
Mengecek dengan buku
lain
-
Menulis ulang
Nah,
berarti untuk merekayas literasi ita harus memiliki kemampuan membaca dan
menulis yang baik. Karena orang yang merekayasa
itu harus membaca banyak teks, dan pemahaman bahasanya juga harus bagus. Dengan demikian orang yang ingin melakukan
rekayasa literasi perlu paham tentang linguistik. Karena dalam linguistik dipelajari juga semantic (makna), maka tak mungkin bisa
memahami teks jika tak belajar tentang ini.
Yang
terpenting, untuk merekayasa literasi harus menjadi orang yang berliterat
terlebih dahulu. Lalu apa itu
literasi? Literasi sebenarnya adalah apa
yang kita lakukan. Literasi ini angat
berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari, dalam beberapa aspek seperti :
-
Pemahaman teks
-
Science
-
Growth
-
Budaya
Apa
yang telah dipelajari, dan di lakukan dalam mata kuliah writing ini juga
termasuk praktek literasi. Seperti
membuat class review, chapter review, critical review, dan lainnya. Satu lagi, akademik writing, yang telah
dipelajari selama tiga minggu ini pun bagian dari literasi, cara untuk
meningkatkan literasi yang kita miliki.
setelah tiga minggu belakangan membahas tentang akademik writing secara
teori, dapat kita ambil poin-poin penting tentang elemen-elemen dalam academic
writing, yaitu :
1.
Kohesi
(Cohesion)
Perpindahan
yang halus atau "aliran"
antara kalimat dan paragraf, yang
merupakan keserasian hubungan antar unsur yang satu dengan yang lain.
2.
Kejelasan
(Clarity)
Makna dari apa yang
hendak disampaikan agar komunikasi dapat terjalinbaik, dan jelas.
3. Urutan logis (logical order)
Mengacu pada urutan logis dari informasi.
Dalam penulisan akademik, penulis cenderung bergerak dari umum ke khusus.
4.
Konsistensi
(consistency)
Konsistensi mengacu pada keseragaman gaya penulisan.
5.
Unity
Pada sederhana,
kesatuan mengacu pada pengecualian informasi yang tidak secara langsung berhubungan dengan topik
yang dibahas dalam paragraf tertentu.
6.
Keringkasan
keringkasan
adalah ekonomi, pengatur dalam
penggunaan kata-kata. Tulisan yang bagus dengan cepat sampai ke titik dan menghilangkan kata yang tidak perlu
dan tidak perlu pengulangan
(redundancy, atau "kayu mati.") langsung ketitik pokok
pembicaraan.
7.
Kelengkapan
Informasi berulang-ulang
atau tidak perlu, harus dihilangkan
oleh penulis untuk memberikan informasi
penting mengenai suatu topik tertentu.
Misalnya, dalam definisi cacar air, pembaca akan
mengharapkan untuk mengetahui bahwa itu adalah terutama penyakit anak-anak
yang ditandai dengan ruam.
8.
Ragam
Variety
membantu pembaca dengan
menambahkan beberapa "bumbu" untuk teks.
9. Formalitas
Akademik
menulis adalah formal dalam nada. Ini berarti bahwa kosakata canggih dan struktur
tata bahasa yang digunakan. Selain
itu, penggunaan kata ganti
seperti "I" dan kontraksi dihindari.
Setelah
menjelaskan hal-hal di atas, Mr. Lala
menginormasikan bahwa minggu depan semua mahasiswa harus membuat critical
review. Dalam slide-nya beliau
menyampaikan bahwa Critical evaluation itu harus mencakup atau menjawab
pertanyaan :
-
What type of
audience is the author targeting her article at?
-
What are the central claims in his/her argument?
-
What evidence
does he/she use to
back up the points she is making?
-
Does the author
make any claims that are not backed up by evidence?
-
Do you think
that the evidence is sufficient, for an
article in an academic text book?
-
Does the author
use any emotive words or statements? (If so, highlight any that you identify)
Dari semua yang
dijelaskan diatas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa apa yang telah kita
lakukan, tugas-tugas yang telah dikerjakan; Class Review, Chapter Review,
Critical Review dan tugas lainnya merupakan bagian dari literasi. Termasuk
belajar academic writing, yang memiliki sembilan elemen penting dalam
kepenulisannya.


Subscribe to:
Post Comments (Atom)